RandomScrawls
Decidedly mundane…

Langkah-langkah Membayar Pajak Tahunan Mobil Pribadi di Samsat Jakarta Barat

Pagi ini (05/04) gw nemenin nyokap gw ngebayar pajak tahunan mobil bokap di Samsat Jakarta Barat (Sistem Administrasi Manunggal di bawah Satu Atap). Ternyata ngurusnya nggak ribet dan lumayan nggak lama kok. Cuma emang bisa agak plonga-plongo kalo nggak tau adatnya. Hehe. Tapi para pekerja di sana nggak keberatan membantu kok. Nggak ada yang mempersulit atau menyembunyikan informasi demi kepentingan sendiri.

Biar nggak plonga-plongo, ini langkah-langkahnya untuk membayar pajak tahunan kendaraan bermotor pribadi – bukan yang lima tahunan, yang perlu ganti STNK lho – mobil pribadi di Samsat Jakarta Barat:

  1. Datang ke Samsat, jangan lupa bawa KTP asli pemilik kendaraan (dan satu fotokopinya), STNK asli (dan satu fotokopinya), bukti asli pembayaran PKB terakhir (dan satu fotokopinya), dan satu fotokopi lembar utama BPKB (yang mencantumkan informasi pemilik & kendaraan).
  2. Ambil formulir di loket khusus. Namanya emang seperti itu, “loket khusus”. Adanya agak serong kanan sedikit dari pintu masuk, tepatnya di sekat kedua dari kiri.
  3. Ambil juga formulir untuk data yang berbeda antara STNK dengan KTP di loket sebelah kiri loket khusus (sekat pertama). Perbedaan maksimal cuma RT aja lho. Kalo data lo nggak beda antara STNK sama KTP ya nggak usah minta yang ini. *duh*
  4. Isi formulir. Nggak perlu lengkap-lengkap kok. Yang diisi cuma nomor pelat kendaraan, nama pemilik, alamat pemilik, tujuan pengurusan, sama data kendaraan yang ada di bagian bawah halaman pertamanya aja.
  5. Serahkan formulir, fotokopi dokumen di atas, KTP asli pemilik kendaraan, STNK asli pemilik kendaraan, dan bukti asli pembayaran PKB terakhir ke loket 3. Loket ini adanya di sebelah kanan loket khusus (sekat ketiga). Sesudah menyerahkan dokumen, nanti lo dikasih semacamkartu  nomor antrian warna merah.
  6. Tunggu dipanggil oleh petugas di sebelah kanan loket 3 (masih di sekat ketiga). Duduk manis aja. Kursi tunggunya cukup nyaman kok, sayang cuma sedikit. Kalo dipanggil, jangan lupa serahkan kartu nomor antrian yang tadi.
  7. Sesudah dipanggil, periksa bukti pembayaran sementara dari petugas dan jangan lupa terima juga KTP asli. Takutnya ada yang salah, nama, alamat, dll. Kalo ada yang salah mesti lapor lagi ke loket khusus, soalnya.
  8. Bayar PKB di kasir I atau II (di sekat keempat). Siapin uangnya, dan tungguin di situ. Sesudah bayar, harusnya bukti pembayaran sementara tadi dicap dan ditandatangani oleh kasir.
  9. Lepas lembar terakhir – warna merah dan ada tulisan “untuk Jasa Raharja” – dari bukti pembayaran sementara dan letakkan di loket pengambilan (adanya di sekat keempat, paling pojok).
  10. Tunggu panggilan lagi dari petugas di loket pengambilan.
  11. Sesudah dipanggil, periksa kembali STNK asli dan bukti asli pembayaran PKB yang baru.

Udah deh, abis itu lo bisa pulang. Cepet kok. Rasanya cuma butuh nyaris satu jam. Alhamdulillah banget kalo orang mau bayar pajak nggak dipersulit. Salut untuk Satlantas Polda Metro Jaya, Dipenda DKI Jakarta, dan Jasa Raharja!!

Anyway, ada beberapa tips nih untuk memperlancar urusan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di Samsat:

  • Jangan lupa bawa bolpen. Buat ngisi formulir nih. Ketimbang malu pinjem ama orang dan beli nggak bisa – nggak ada warung, peluang usaha nih sebenernya – mending bawa dari rumah.
  • Bawa fotokopian dokumen dari rumah. Di Samsat-nya ada sih kios fotokopi, tapi mahal. Selembar Rp 1.000. Kalo mau ngirit duit dan ngirit sakit hati, bawa aja dari rumah. Ada satu nilai plus sih kalo fotokopi di situ: dokumen lo diaturin posisinya sama penjaga fotokopiannya, mungkin biar lebih mudah dan lebih cepat buat petugas di dalem.
  • Jangan segen nanya. Semua petugasnya helpful dan nggak minta yang aneh-aneh kok. Daripada nyasar.
  • Dateng pagi-pagi, biar cepet. Kalo udah siang rame soalnya. Kalo yang di Jakarta Barat, Samsat-nya buka Senin-Kamis dari 08.30 – 15.00 (ada istirahat siang satu jam), Jumat 08.30 – 15.00 (ada istirahat siang plus sholat Jumat kalo gak salah dua jam), dan Sabtu 08.30 – 12.00.
  • Kalo males ke Samsat, ada layanan Pembayaran PKB, Perpanjangan SIM (A & C) & STNK keliling sekarang (Samsat Mobile). Untuk info lokasi, bisa kirim SMS ke 1717 atau lihat jadwalnya di sini.
  • Samsat juga udah buka counter di beberapa pusat perbelanjaan. Untuk wilayah Jakarta Barat, adanya di Pintu Timur Carrefour Taman Palem, Cengkareng, Jakarta Barat. Layanannya sama seperti Samsat Mobile.

61 Responses to “Langkah-langkah Membayar Pajak Tahunan Mobil Pribadi di Samsat Jakarta Barat”

  1. satu lagi bukti bahwa blog lo berguna buat kehidupan g…hehehe. baru g praktekin nih info pelayanan masyarakat yg lo kasih. 24 april jam 8.30 g coba ke samsat keliling yg di depan pelni gajah mada. infonya g dapet dr sms ke 1717 dengan format SELAMAT PAGI PAK, HARI INI MOBIL PEMBAYARAN STNKA ADA DIMANA?. Selang 30 detik dapat balasan sms dari pak Polis. Ternyata pengurusannya tidak sampai 10 menit. Setelah menyiapkan dokumen2 yang lo sebut, isi formulir, serah form, bayar, jadi deh. Thanks Peng for sharing the info.

  2. @ Gendut:
    Wah. Lebih enak lagi dong ya. Cepet bener. Coba semua layanan masyarakat kaya begini. Salut lagi buat Pak Polisi!!

    Thanks juga sudah berbagi informasi soal Samsat Mobile ya, Gendut!

  3. domisiliku di wilayah Jawa Tengah, pernah titip orang untuk ngurusi cabut berkas mobil no.pol B, sudah 2 bulan belum ada kabar, tolong dong kalo bisa bantu saya. Info ke e-mail: http://www.pakjoy@yahoo.co.id
    Thank u

  4. @ Joko:
    Ada yang bisa bantu?

  5. pak aq wong pwt nih.tapi motorku plat jakarta tapi milik instansi ( tepatnya dealer motor ) kan ga ada ktpnya tuh, trus gimana yah?

  6. @ masyudi:
    Ada yang bisa bantu? – Maap…

  7. Mas kayaknya kalo bayar pajak (MOBIL/MOTOR) bukan di SAMSAT deh, kalo ga lupa itu di DISPENDA/DIPENDA DKI gitu.
    KALO SAMSAT kan kalo mau buat SIM/perpanjang SIM…

  8. @ ya bener:
    Nope. Seperti yang gw tulis di atas, SAMSAT itu singkatan dari Sistem Administrasi Manunggal di bawah Satu Atap. Kenapa “manunggal”? Karena di sana ada Polisi, Dipenda, sama Jasa Raharja. Kalo nggak percaya, baca penjelasannya aja.

  9. Emang betul, tinggal pilih mau di Samsat keliling atau di Daan Mogot
    sama cepatnya.. info: asalkan ita datang sebelum jam 11.00
    setelah jam 11.00 kita akan ngantri bareng dgn biro jasa yang bawa berkas se-abreg jadi relatif lebih lama. kalau yang tahunan bagusnya di Samsat keliling aja. kalau dokumen lengkap paling2 10 menit beres
    Sayang nya kalau yang LIMA TAHUN harus ke Daan mogot dan harus pake kesek nomor rangka+mesin… ini yang jadi berabe…

  10. btwe, BPKB asli perlu dibawa ya? mau mastiin aja…
    soalnya gw baru mau perpaanjang besok PKB di samsat keli2ng jaktim. jadwalnya mulai senin 10 nop08 di makro psr rebo s.d 2 minggu kedepan…(info ini gw dapet dari orang samsat keliling diAt-tin hari sabtu jam 12.30 – dan gw telat samsat nya udah siap mau cabut)

    tx bro

  11. @ mksr:
    Kayanya perlu di bawa deh. Ikut diserahin juga soalnya.

  12. Keren mas penjelasannya……
    Lumayan membantu……..
    Cuma tinggal kalo mau balik nama, bisa dijelaskan lain waktu…….
    Saya perlu nih utk 4 bulan lagi……..

  13. @ Meidi:
    Nah. Kalo balik nama itu yang saya belum pernah. Hehehe. Gimana kalo gantian sampeyan yang bikin blogpost? :P

  14. bro..sorry numpang tanya ya.. thx itu.. klo pajak montor 3 tahun bisa ga di mobil keliling ?tolong konfirmnya donk :) gue pernah tuh bayar pajak bukan di mobkliling or daanmogot tapi dikomdak itu juga gue diajak temen gue tuh.. soalnya dr tmpt gue belakang TamanAnggrek asiknya ya ke komdak..klo telat 3 tahun digesek2 gak sih bro?or anu dendanya kira2 berapa tuh ada 50ribu ngga 1 tahunnya ? hx alot bro..

    NewCom..

  15. @ Podolski:
    Hmm. Gimana kalo tanya aja via SMS ke 1717? Rasanya jawabannya akan lebih pasti.

  16. nUMPANG NANYA NIH, SAYA MAU MUTASI MOBIL KE kALIMANTAN PLAT JAKARTA BELAKANGNYA ( WS ) TERUS NGURUSNYA DISAMSAT MANA APA DI SAMSAT dAN MOGOT JUGA YA. MOBIL SURATNYA MATI 3 TAHUN APA MSTI DIHIDUPKAN DULU ATAU TARIK BERKAS SAJA SEKIAN TRIMS.

  17. @ RASMIDI:
    Hmm. I have no idea. Udah coba cari nomor telepon Samsat di google? Abis itu coba telepon, pasti lebih jitu.

    BTW, ada banyak orang yang bilang all caps itu artinya marah-marah lho.

  18. Sekedar berbagi : Jadwal samsat keliling untuk hari ini (didapat dari SMS 1717) : SIM&STNK : JS : TMP X-BATA, JB:CAREFOUR PURI KEMBANGAN (STNK), TAMAN ALFA INDAH JOGLO (SIM), JU:MALL PLUIT, JT:MAKRO PS REBO, JP:PELNI GJH MADA. Jam pelayanan 08.30 – 13.00 wib.

  19. Dear POLRI, maaf saya mo nanya biaya mutasi mobil kijang th 1990…
    1. Plat merah ke Pribadi….?
    2. Jakarta ke Bogor….?
    3. Ganti Warna…?
    4. Berapa lama penggurusan….?
    5. Bisa di SAMSAT keliling…?

    terima kasih, ku tunggu infonya …

  20. Ayoooow, POLRI! Ada yang nanya tuh, Ri.

  21. Pak polisi telas pinten pajak mobil bmw th89 mati 2thn nan suwun pak pol jakarta barat

  22. saya mau bayar pajak tahunan, tapi udah telat 4 bulan. Kira-kira ngurusnya ribet ngga, dan dendanya kira-kira berapa nih?
    Maklum, biasa diurusin orang lain.

  23. Dear POLRI, maaf saya mo nanya proses mutasi estem 1993:
    1. jakarta timur ke banyumas ( Jateng)
    2. domisili saya di Banyumas
    4. berapa lama penggurusan….? mulai kapan saya mulai supaya tidak
    telat
    5. tempat dimana
    6. gesek di banyumas boleh ga
    7. berkas yg harus disiapkan apa saja
    8. Biaya yang harus disiapkan berapa dan untuk apa saja

    terima kasih, ku tunggu infonya via email

  24. [...] Tanggal 4 April lalu, gw akhirnya nyobain memperpanjang STNK mobil gw di SAMSAT keliling setelah tahun sebelumnya memperpanjang di SAMSAT Jakarta Barat. So, here’s the rundown. Perlu dicatat, lagi-lagi, ini bukan untuk memperpanjang STNK yang [...]

  25. ada yang tau gimana dengn smsat jateng ?????

  26. Pak, mau tanya… saya pegawai kantor swasta dan ditugasi utk perubahan stnk dari pribadi ke a/n. persh…. syarat2nya apa aja yah. thanks

  27. saya perpanjang stnk di samsat jakarta utara.
    tapi setiap membayar uang kembaliannya tidak pernah sesuai dengan yang seharusnya. contohnya uang kembali 73.000 yang dibayar hanya 70.000
    INI TERMASUK KORUPSI TIDAK YAH?????
    kalau mau lapor harus kemana yah???

  28. Thanks bro buat infonya…

    Sabtu besok gue juga mo perpanjang pajek mobil gue yang udah lewat 3 bulan ke SAMSAT Jakarta Pusat depan WTC Mangga Dua.

    So… klo ada bro semua yg mo kesana juga mudah-mudahan ketemu dech hi hi… (kenal juga kagak… :gdubrax:).

    Info lo membantu banget bro…

  29. selamat pagi pak.
    begini pak, saya sudah 3th belum perpanjangan mobil. mobil saya bmw th 95 kalau saya mau perpanjangan stnk kira-kira habis nya berapa yah pak. sekian saya tunggu balasannya.

  30. mau tanya untuk plat nomor polisi B 164 MP itu masuk samsat mana ? dan kalo bisa di kirimkan data kendaraan nopol tersebut..trims

  31. saya kemarin BBN kendaraan th 87..lewat biro jasa “Beringin”.katanya ganti buku BPKByah…..?? tepatnya bulan 6 stnk sudah jadi tapi kok BPKBnya lom jadi2??? adakah alasan yang bisa di mengerti??
    atu ada yang bisa bantu??? :)

  32. inta nomor telepon samsat kota cirebon pleaceee??????

  33. Proses Pelayanan Gerai Samsat Mall Taman Palem sangat cepat&mudah, selain itu kebersihan di dalam&luar gedung dijunjung tinggi oleh Baur Gerai Bpk. AIPTU Satrio. Terima Kasih Pak Satrio.. Pertahankan&terus berikan pelayan yg terbaik untuk masyarakat.

  34. Halo… saya mau nanya apa ada program pemutihan untuk mobil di bulan desember ?
    saya dda mobil suzuki cary ’84
    telat pajak sdh 4th aku ingin membayar kira-kira nyampe berapa rupiah? thx

  35. pak. aku ponya mobil lelangan dari perwakilan kairo, ini mau buat bpkb dan stnk, bagaimana caranya, yang ada ini cuma surat faktur dan lelang dan surat pelepasan. mohon petujuk nya ya pak?

  36. pak, saya punya mobil. tapi tdk ada bpkb, yang ada cuma surat lelang, faktur dan pelepasan dari kedutaan, tolong dibantu ini mau buat bpkb dan stnk, kira kira habis berapa?

  37. Tks infonya….. Sangat bermanfaat sekali… Secara, urusan begituan qt suka ogah ngerjain dan qt serahin ke biro…. Ternyata mudah dan simple…

  38. bisa nggak bayar perpanjangan pajek mobil tanpa ktp asli,hanya fpto kopi ,persyaratan lainnya komplit, cm nggak ada ktp asli

  39. pak mau tanya kalo ganti warna sepeda motor brp ya kira2

  40. @ nurfalah:
    Mohon maaf ya, saya nggak tau. Lebih baik tanya ke pihak yang lebih mafhum.

  41. kalo bayar pajak mobil timor dari tahun 2007 sampe 2011 kira kira berapa yah abisnya / sekalian balik nama.

  42. pak saya mo nanya
    saya punya mobil pickup mitshubisi jetstar th 89.napol cirebon / E.saya mo pajak s/d skrg udah mati pajak 4 th..kir jg mati..posisi mobil skrg di sragen jateng..kira2 brp dana pajaku skrg jika pjk pokok di stnk 450rb? dan bisakah berkas2ku saya poskan..kemudian duitnya aku transfer kesamsat cirebon barat?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: