RandomScrawls
Decidedly mundane…

Potret Kondisi Beberapa Tempat Tes TOEFL di Jakarta

Photo by sssssusan

Beberapa waktu lalu gw dan beberapa kawan ikutan tes TOEFL, paid by The Company, of course. Gw gak mau cerita soal tesnya atau ngasih tips soal tes TOEFL-nya sendiri. Gw cuma mau berbagi aja bagaimana kondisi beberapa tempat tes TOEFL yang kemarin kami kunjungi – tempatnya beda-beda, soalnya 22 orang nggak kebagian tempat yang sama semua.

  • Fulbright Commission of Indonesia, AMINEF, Gedung Balai Pustaka, 6th Floor, Jl. Gunung Sahari Raya no. 4, Jakarta 10270 (googlemaps). Tempat tes ini punya lima workstations yang cuma dipisahkan oleh papan akrilik setinggi kepala orang kalau duduk. Tempatnya nyaman sih, tapi pas di listening section, mau nggak mau kita masih kedengeran orang lain yang ngomong juga. Tempat duduk kita menghadap ke jalan (nggak keliatan, though), sehingga suara lalu lintas juga masih kedengeran. Test assistant-nya juga helpful dan ramah.
  • PT International Test Center, Plaza Sentral 17th Floor, Jl. Jend Sudirman Kav 47, Jakarta 12930 (googlemaps). Lokasi di tengah kota dan mudah dijangkau. Tapi menurut laporan teman yang ambil tes di sini, keyboard-nya sedikit nggak nyaman digunakan (agak keras). Selain itu, kelasnya dibagi dua dan jumlah workstation-nya cukup banyak (sekitar 30 totalnya). Cubicle-nya pakai sekat kayu pendek dan kaca, jadi suara orang lain masih bisa kedengeran.
  • PT Pacific Educom, World Trade Center 10th Floor, Jl. Jend. Sudirman Kav. 29-31, Jakarta 12920 (googlemaps). Dari pengalaman temen yang ambil tes di sini, ada sekitar 16 workstations. Keyboard-nya juga agak keras. Drawback lain adalah sekatnya dari kaca dan duduknya berhadapan antara satu peserta dengan yang lain, hal ini mungkin agak mengganggu. Suara peserta lain juga seperti biasa masih bisa kedengeran.
  • Inlingua Indonesia, Jl. Raya Puri Indah Blok A3 no. 2, 33-35, Kembangan, Jakarta Barat 11610 (googlemaps). Temen gw yang test di sini mengeluh sempit. Kalo gw nggak masalah kali ya, wong badan gw kecil. Hehehe.
  • Indonesia Internal Education Foundation, Menara Imperium 28th Floor Suite B, Jl. H.R. Rasuna Said, Jakarta 12980 (googlemaps). Tempat ini enak buat tes. Tempatnya lega dan partisinya bener-bener nutupin semuanya, sehingga kita bisa lebih konsen.

9 Responses to “Potret Kondisi Beberapa Tempat Tes TOEFL di Jakarta”

  1. [...] need to take a language aptitude test like the TOEFL or [...]

  2. kak,gimana caranya ikut tes toefl ?
    dimana daftarnya ? soalnyaa aku butuh nilai toefl
    makasih ya kak :)

  3. maksutnya TOEFL yg asli gimana kak ? emg yg di menara imperium ga asli ? Maaf nimbrung tiba tiba* — Adinda trimakasih

    • @ Adinda:
      Di Indonesia, ETS mensyaratkan TOEFL harus diberikan dalam bentuk iBT (Internet Based Test) yang hanya diselenggarakan di beberapa test center resmi yang bekerjasama dengan mereka. Kalau registrasinya melalui sarana-sarana resmi sebagaimana tertera di website ETS, berarti itu yang resmi. Nanti di hasil ujiannya pun akan tertera logo ETS dan hasilnya bisa dicek melalui website ETS juga.

  4. Maaf mau numpang nanya jg
    itu semua yg tempat tes toefl yg di jelaskan apakah toelf international atau toefl institusional?
    untuk biaya kisaran brp ya?
    terima kasih sblmnya :)

    • @ Gilang:
      TOEFL internasional rasanya. TOEFL institusional standarnya sepertinya beda, dan hanya diberikan secara massal untuk peserta dari suatu organisasi tertentu yang meminta ETS menyelenggarakannya untuk organisasi tersebut. Contohnya, kantor saya yang waktu itu memanggil ETS untuk menguji ratusan karyawannya yang ingin mengikuti kesempatan beasiswa.

      Biayanya waktu saya dulu USD 180. Itu tahun 2010. Saya nggak tau lagi sekarang berapa. Sebaiknya hubungi ETS langsung soal ini.

      • oh bgtu, klo emng internasional mngkin saya akan coba yg iief. soalnya sarana dan kondisi tempat tes bisa mempengaruhi hasil jg.
        oh iya ka biasanya jadwal tes toefl mereka gmna ya ka?
        apakah sebulan skali atau bagaimana?
        satu lg ka, kan biasanya klo toefl skrng itu sistemnya ibt, saya suka lihat biasanya klo untuk melamar beasiswa atau kerja itu skornya min kisaran 560-620
        nah sedangkan klo ibt itu maksimal 120, nah apakah kita bisa menggunakan skor toefl ibt trsbt untu melamar beasiswa atau kerja yg sperti diatas?
        ataukah ada sistem konversinya atau bagaimana ka?
        maaf bgt ka banyak nanya, soalnya msh awam :)
        mohon pencerahannya ya ka :)
        terima kasih :)

      • @ Gilang:
        Semua jadwal tes harus dilihat di ets.org setelah memilih test center yang diinginkan. Karena semua pendaftaran juga dilakukan online.

        Skor yang maksimal 640 itu dulu, saat masih CBT (Computer-Based Test). Sejak Indonesia dinyatakan sama ETS harus pakai IBT (Internet-Based Test), maka CBT di Indonesia nggak ada lagi. Tapi untuk institutional TOEFL sepertinya masih pake skala 640. Untuk konversinya, ETS punya tabel sendiri.

        Hope this helps and good luck.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: