RandomScrawls
Decidedly mundane…

Bingung Lagi

Ini soal penentuan hari-H untuk sholat Ied. Kenapa ya kok rasanya beberapa tahun belakangan (pasca-reformasi?) kayanya kita, umat Islam di Indonesia, susah banget kompak soal itu? Apa karena pas jaman dulu semua cuma iya-iya aja kalo pemerintah pusat yang nentuin?

Ada yang sholat hari Sabtu (30/12) kemarin. Contohnya Mesjid Al Azhar Pusat, yang sukses bikin gue lumayan telat masuk CCF (7.58 sih. Walaupun masuknya jam 8.00, buat gue tetep aja telat nih. Biasanya dateng 7.20-an. Hehe.). Kata bos gue, bahkan ada di Makassar yang ikutan Islam aliran tertentu udah sholat Ied hari Jumat (28/12). Pemerintah sih berdasarkan urun rembug dari berbagai unsur masyarakat tetep istiqomah dengan hari Minggu (31/12). Gue ikut yang ini nih, makanya kemarin Sabtu pun masih puasa. Hehe.

Kenapa sih bisa beda-beda? Ini soal waktu aja. Jadi, (Kayanya, ya. Jujur, gue bukan orang yang religius juga sih.) dalam ibadah haji, ada aktivitas yang namanya wukuf. Nah, biasanya kalo para calon haji itu sudah wukuf di Padang Arafah, keesokan paginya itulah Lebaran Haji a.k.a Idul Adha dirayakan. Cuma masalahnya, definisi “keesokan pagi” itu yang diinterpretasikan berbeda-beda. Apakah waktu Arab? Atau waktu lokal?

Tapi, bagaimanapun. Ini kan kembali ke kita masing-masing ya? Gue setuju banget ama Bapak gue, yang bilang bahwa semua petunjuk (kitab, sunnah, dan lain-lainnya, termasuk juga ijtihad para ulama) itu ya fungsinya cuma petunjuk. Pilihan untuk mengikutinya semuanya ada pada diri kita sendiri. Sekali lagi, selamat Idul Adha ya!

2 Responses to “Bingung Lagi”

  1. ahhhhhhh..akhirnya!..akhirnya ketemu juga ma post si ndut yang pake bahasa indonesia..ah, puas rasanya..setelah sekian lama lemot baca postsnya yang in english semua, akhirnya pagi ini ogut bisa baca post nya dalam hitungan detik!..hebat!..hebat!..ternyata ndut bukan kacang lupa kulitnya yah..um, bagus..bagus.. :P

  2. @ ceuceu’dince :

    Loh. Blog-ku kan sudah dibebaskan, Sayang? Hehehe. Lagian ini lebih karena aku nggak ngerti bahasa Inggris dari banyak kata-kata di atas sih.. :P


Leave a Reply

