RandomScrawls
Decidedly mundane…

Tips Menghadapi Tes Potensi Akademik

Sesudah tidak berhasil – rasanya sih; perasaan tidak berdaya itu bener-bener nggak enak ya – menghadapi Tes Potensi Akademik (TPA) hari Kamis (28/02) lalu, gw beranikan diri untuk menyusun beberapa tips untuk menghadapinya. Paling nggak buat nanti kalo ngadepin tes ini lagi, gw bisa baca sendiri daftar ini.

  • Soal-soal TPA tidak dirancang untuk dijawab semuanya. Kita ambil soal matematika dasarnya sebagai contoh. 90 soal, 60 menit. Berarti 1 soal 40 detik. Orang jenius macam apa yang bisa ngerjain setiap soal dalam 40 detik? Baca soalnya aja udah 20 detik sendiri. Jadi, strateginya adalah dalam 20 detik membaca soal itu kita sudah tentukan, soal ini gampang atau tidak. Kalo susah, ya tinggal aja, kerjain yang lain. TPA itu soalnya 250 biji, jadi jangan kuatir kehabisan soal.
  • Kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu. Ini mungkin trik kuno, tapi beneran harus dipraktekkan. Biasanya yang di depan-depan itu lebih susah dan lebih makan waktu, jadi coba mulai dari bagian belakang. I cannot stress this more, guys.
  • Untuk bagian matematika, hafalkan perkalian, pecahan, persentase, perpangkatan, dan desimal yang sederhana. Ini membantu banget pas ngitung lho, bisa jadi lebih cepat. Gw dah bikinin nih file-nya yang bisa langsung dipelajari (UPDATE: kalo nggak bisa download dari situ, bisa pake link alternatifnya).
  • Beli buku-buku TPA ,tapi untuk bisa membayangkan soal TPA yang sesungguhnya, kalikan kesulitannya tiga kali. OTO BAPPENAS memang nggak kira-kira bikin soalnya. Gw udah review beberapa buku yang gw beli untuk siap-siap kemarin.
  • Untuk menaklukkan soal-soal bahasa Indonesia, sering-sering baca kolom-kolom di koran. You know, those on the editorial pages. Soal-soal bacaan/wacananya kebanyakan diambil dari sana. Kalo nemu kata-kata yang aneh, segera konsultasikan dengan kamus Bahasa Indonesia.
  • Coba ingat beberapa istilah kunci di bidang statistik. Ini keluar di beberapa nomor pertanyaan Bahasa Indonesia. Misalnya: variansi, simpangan baku, dan semacamnya.
  • Untuk beberapa soal sinonim atau antonim, bisa membantu kalau kita terjemahkan dulu ke bahasa lain, Inggris, misalnya. Kemarin ada nih soal yang seperti, tapi gw lupa contohnya. Intinya, dari soalnya, gw terjemahkan dulu ke bahasa inggris, baru cari antonim/sinonimnya. Kadang bisa jauh lebih mudah.
  • Sisakan waktu untuk “nembak”. Jelas. Lihat butir nomor satu. Nggak ada nilai minus kok.
  • Kalau punya waktu dan dana lebih, lebih baik coba ikut tes sungguhan di OTO BAPPENAS. Soal-soal TPA akan susah dibayangkan kalau belum ngalami sendiri. Sarana terbaik mendingan ikutan tes sungguhan aja. Temen gw ada yang ikut seperti ini, dan mereka merasa lebih siap jadinya. Biayanya kalau nggak salah sekitar IDR 350,000.
  • Jangan terpengaruh orang lain. Kalo kita lihat orang lain pas ngerjain, bisa jadi dia udah jawab lebih banyak soal. Bisa bikin minder dan mengacaukan mental. Nggak usah peduli, kerjain aja punya kita sendiri.
  • Pertimbangkan untuk ikut bimbingan belajar untuk TPA. Kata temen gw, bimbingan model begini lumayan membantu karena di sana diajarkan beberapa pola untuk menjawab pertanyaan TPA.

356 Responses to “Tips Menghadapi Tes Potensi Akademik”

  1. Kadang2 sy mikir TPA g punya fungsi yg bnr2 nyata, habis setiap kali ada TPA sy lebih sering menebak2 daripada mikir serius.
    Apa potensi yg dimaksud itu memang potrnsi menebak??

  2. @ ummaymochil:
    Iya ya. Terus terang, kemarin saya nembak – murni, tanpa liat soal sama sekali – mungkin ada kalo paling tidak 60 nomer. Tapi hasilnya – Alhamdulillah – ternyata nggak mengecewakan juga. Bingung.

  3. berarti sepintar-pintarnya orang masih kalah dengan orang beruntung yo?
    anehnya juga, dengan mengerjakan tes semacam bagaimana bisa diukur potensi seseorang yo?

    numpang komen,

  4. @ Ndoro Seten:
    Ho’oh, Ndoro! Rasanya sih mereka cuma butuh alat yang cepet untuk menilai seseorang saja. Akurasi? Kompetensi? Mungkin itu urusan kesekian.

  5. Beli buku yang kira-kira besok pas tes potensial akademik keluar, soalnya aku 2 kali tes potensial akademik…dua-duanya beli buku baru, dan 2-2nya pas tes..persis keluarnya…wah…untung banget..jadinya nggak sampe 15 menit..udah selesai, karena semalem jawabannya dah diapalin…beneran lhoooo!!!!!
    pertama pas tes masuk s2 kedua pas tes masuk pns, dasar nasib lagi mujur

  6. tips yang menarik! pada dasarnya test tpa itu untuk mengetahui sampai dimana tingkat intelenjensi kita, klo dasarnya udah cerdas mungkin gak akan terlalu pusing menyelesaikan soal2 tpa, tapi klopun keadaan memaksa harus menggunakan peluru terakhir, alias ‘nembak’, usahakan untuk memilih ‘sasaran tembak’ yang sama, karena kemungkinan besar salah satunya tepat sasaran. jadi kecerdasan seseorang itu tidak hanya diukur dari kemempuan dia mengerjakan soal tapi juga dari bagaimana dia mengatur dan menjalankan strategi yang jitu.

  7. hmmm…test potensi bener2 menyebalkan…gw gagal masuk sekolah tinggi ilmu statistis gara2 test itu…ujian tulis gw lolos…masak gara2 ujian potensi kyk gini gw gagal…nyebelin bgt.

  8. @ lupi:
    Beruntung sekali. Selamat ya. Anyway, itu buku baru as in “baru dibeli” atau “baru terbit”?

    @ iman:
    Dan perlu dicatat, nembak banyak itu wajar. Hehehe.

    @ mr.cloud:
    Coba aja ikutin tips gw di atas. Siapa tau berhasil. Good luck, ya!

  9. Saya mau ambil s2 di UI, dan testnya tanggal 5 April 2008, please shraring info donk mengenai materi ujiannya,

  10. Wow… Matursuwun informasinya… setelah saya baca nih article emang sih TPA sangatlah memusingkan kepala, kemarin saat Test TPA BUMN disalah satu universitas di Surabaya.. gak habis fikir padahal sudah belajar tentang materi logika masih toh bingung juga…terutama soal matematikanya… udah diitung-itung masih juga gak ketemu jawabannya.. alhasil jurus ” NEMBAK” yang dipakai.. ha…ha…ha…
    Cayooo…. mohon doa nya rekan.2 milis..mudah-mudahan aku bisa keterima di BUMN ke Pelabuhan…
    Sukses buat Semua…

  11. @ yossi irani:
    Materi ujiannya itu dibagi tiga kategori utama: bahasa, matematika dasar, dan logika sederhana. Bahasa kurang lebih ada wacana, kosa kata, sama analogi bahasa. Matematika dasar ada hitungan sederhana dan urutan bilangan. Logika sederhana ada yang gambar-gambar berpola dan dadu yang diputar-putar. Mungkin lebih baik lo beli bukunya aja deh. Hehehe. Gw udah nggak inget lagi soalnya apa aja. :P

    @ Cakhabib:
    Wah. Matur nuwun yo, Cak. Semoga beruntung untuk tesnya. Dari pengalaman, jangan kecil hati dulu. Aku dulu ya juga sempat kehilangan harapan untuk lulus, tapi ternyata lulus juga kok.

  12. memang dasar IQ kalian pada jongkok semua.
    masa sama TPA aja takut?

  13. @ andi mnk:
    Nggak takut kok, Mas. Tenang aja. Cuma ada yang mempertanyakan kesahihan hasilnya, karena tampaknya faktor IQ (yang bisa juga jongkok, bisa juga berdiri, maupun tiarap) nggak cuma satu-satunya faktor di sana.

  14. mas mau tanya dong…..aku ngambil topik penelitian tentang hubungan skor ujian masuk dengan prestasi belajar. Nah dalam hal itu aku ingin mengetahui kenapa mata pelajaran yang di teskan adalah matematika, b.indonesia, b.inggris dan IPA. MENGAPA 4 mata pelajaran itu yang di ujikan bukan yang lain. Kira-kira mas tahu gak….tolong aku dong minta suber-sumbernya…..thanks ya….

  15. @ irm4:
    Menarik juga pertanyaannya ya. Sayang aku nggak tau jawabannya, irm4. Gimana kalo kamu coba tanya ke Bappenas langsung? Khususnya coba arahkan pertanyaannya ke OTO (Overseas Training Office) Bappenas. Waktu aku TPA dulu, mereka yang buat soalnya dan menyelenggarakan tesnya.

  16. soal tpa dibuat bukan untuk di kerjakan tapi untuk diamati, yang bikin aja pusing coba aja ditanya ma ibu dwi di bappenas dia aja gak bisa ngerjain semua

  17. thx infonya bung arga.
    besok cari2 buku TPA ach.
    yg paling asem,, ikutan tes masuk [bayar pula] eh gagal.
    tp setidaknya dah berusaha tho.

  18. @ lilik:
    Hehehe. Tega itu namanya, Mas. Wong saya yakin Bu Dwi juga cuma ngumpulin soal doang. Kayanya ada dendam pribadi nih ya sama TPA?

    @ jono:
    Sama-sama, Mas Jono. Mudah-mudahan nggak asem ya. Lagipula biasanya yang ngadain tes masuk kan yang bayar?

  19. jah. TPA lagi, TPA lagi. i don’t have any idea for this test. atau test-test lain di muka bumi ini. :D

    you are what you think you are.
    berpikirlah kamu bisa. dan kamu akan benar-benar bisa. :)

  20. Tes TPA itu menyebalkan, itulah hasil akhir gw setelah membaca, menimbang dan mengikuti tes TPA, gak kira2 2x ikut tes TPA skor gw kurang 0,18 dari skor minimal……

  21. Wah lagi ngebahas TPA nih, kebetulan saya akan ada TPA buat masuk S2 ITB, enaknya gimana nih ikutan test TPA di ITB nya atau ngikut yang BAPPENAS, kalo yang di jakarta ada informasi soal jadwalnya gak ya ?? tolong yah kalo ada informasi jadwal TPA yang diselenggarakan di Jakarta

  22. @ jakun:
    Coba lagi aja. Kan ada yang bilang, “Three’s a charm.” :P

    @ owannesta:
    Lho. ITB-nya nggak mempersyaratkan harus ambil di mana? Gw gak pernah ambil yang ITB, jadi nggak tau bandingannya.

    Soal jadwal, coba aja telepon-telepon ke Bappenas. Gw dulu ikutnya sekampung sih, dibayarin kantor.

  23. saya mau ambil Program Ekstensi di UI, tesnya Juli 2008, salah satu materi ujiannya TPA, ada yang bisa bantu? atau ada yang punya contoh soal tahun2 sebelumnya, tolong ya? thx

  24. tgl 17 ada ujian TPA di ITB, sementara gua pelajari buku Tpa, dari section yg gua ngga suka tuh matematika, susah banget pahami soalnya….kalo nembak2 mah….ngga menjanjikan banget….kenapa sich yg bikin soal ngasihx kaya gitu…kenapa juga musti ada TPA…khan ada tes wawancara tentang ilmu yang akan diambil nantinya…jadi kalo ngga lulus ngga bisa keterima donk…

  25. @ andi:
    Sayangnya begitu… :( Good luck buat tesnya ya.

  26. gw pernah ikut TPA nya Prasetya Mulya.. itu dr Bappenas juga ga ya?

  27. jadi keder juga’ nih sama TPA…kayaknya musti segera ke toko buku deh..karena aku mau ikutan test TPA untuk ngelanjutin studi.
    Btw apa TPA = psikotest yang diadakan untuk recruitment di perbankan kah? atau yanguntuk test CPNS? karena aku dah pernah ikut dulunya.

  28. @ agn:
    Kalodari Bappenas, yang jaga harusnya juga orang Bappenas dan dia pasti ngomong itu berkali-kali. Waktu itu gitu juga nggak?

    @ inge:
    Nggak tau juga deh. Dibagi tiga bagian juga nggak? Verbal, logika, sama matematik?

  29. nop.. gak ada orang BAPPENAS nya.. well anyway, kmaren gw juga ikutan tes TPA (hobi banget) dan ini versi BAPPENAS.. anjrot bener.. okelah gw mengakui bahwa Bahasa Indonesia gw gak tingkat tinggi tapi INDOLENSIA? APAKAH ITU?

    Kalau yang matematikanya sebenernya tidak terlalu rumit, cuman kurang waktu… gw terjebak di soal deret.. lama disana, padahal setelah deret masih ada soal2 yg mudah dan bisa lebih mudah gw selesaikan. (menyesal sekali sadarnya 15 menit sebelum selesai)..

    *few.*

  30. yg kosong gw tembak C secara konstan.. hahah..banyak banget C

  31. @ agn:
    Nyebelin ya. Anyway, google aja definisi indolensia itu. Hehe.

  32. Kadang suka kecele ma soal yang kita anggap mudah, tapi justru hal itu yang menjadi kelemahan kita yang sebenarnya….dan suka grogi karna kadang waktunya yang sempit tuk ngerjain soal-soalnya…………jd puseeeeeng klo gitu…..

  33. @ yogi:
    Ya nggak perlu pusing. Coba aja ikutin tips gw di atas. :P

  34. boleh nanya gak???
    TES PRESTASI AKADEMIK ITU APA?
    ADA CONTOH2 SOALNYA GA?
    ADA BUKUNYA?

  35. Bagi yang ingin berlatih soal TPA bisa download GRATIS dari http://www.kirimpesan.com/?p=3

  36. halo Sob…gua pernah comment juga di room ini…
    kemarin hasil TPA udah keluar dan hasilnya gagal…poin gua cuman 444 yg dimintanya 450….sedikit lagi…(jd ngga keterima deh)
    kemarin tes pertama selama hidup gua…tp justru krn tes kemaren. sy jd termotifasi untuk ikut lagi di gelombang ke-2…
    krn udah tau celahnya….
    kemarin point tertinggi saya b.indonesia trus aritmetika anjlok ama logika gambar…yg bikin sy kesel logika soalnya sy dari tamatan arsitektur…tp alasannya knapa rendah krn sy terlalu lama ngerjain aritmetika…pas disuruh pindah ke logika sy blum pimdah…ehh..pas waktunya katanya sisa 2 menit….baru sy pindah ke gambar…alhasil 10 nomor kejawab….sisanya ccccc…sampai selesai…
    kl ada yg pengen tau kpn jadwal TPA lg…bappenas udah infoin di websitenya yg uptudate…
    oi iya…trik yg gardine sampein itu…sebaiknya dilaksanakan….kmarin gagal krn ngga konsen. apa lg mikirin trik..padahal kita ngerjain hrs santai banget…biar ngga panik…cayooo all friend
    avdal034@yahoo.co.id

  37. @ dondri:
    TPA itu apa ya? Tes kemampuan berpikir deh. Logika, aritmatik, dan kemampuan linguistik sederhana saja. Coba aja cari bukunya di toko, pasti lebih paham deh ketimbang gw yang jelasin. Hehe.

    @ Plugie:
    Wuih! Bikin software untuk latihan sendrii! Keren! Makasih ya, semoa berguna buat semua.

    @ andi:
    Nanggung ya. Tinggal 6 lagi. Yang berikutnya pasti lebih baik deh. 6 angka itu paling cuma selisih konsentrasi yang lo bilang itu aja. Hehe.

    BTW, jadwalnya yang ini ya? Untuk 2008 ya. Untuk tahun-tahun berikutnya nanti mungkin bisa lebih enak di-google aja kali ya. Cayooo!

  38. tpa mang bikin gw greget,,, gw mpe ga bisa tidur. mang perlu banget tidur yg ckp sblmnya dan konsen, tp gw heran banget ya kt org psikotes itu cocok ga cocok pribadi kita ma apa yg diinginkan perusahaan. perasaan stp gw psiko tes hmpr semua gagal dehh..apa itu berarti gw mang ga cocok kerja diperusahan? hahahaha..anjrit!!! atw apa krn saingannya hbt2 ga tau dehh, atw apa krn gw bc diatas yaitu krn iq gw jongkok abissss..ya allah.. tolonglah hambamu ini…

  39. aku ikut tes bappenas 2007 kmrn skorku 511,…tp belum memenuhi syarat jg, kalo gak salah minimal 525….tp mgkn bener jg faktor lucky menentukan…kalo masalah rumit or mudahnya kriteria soalnya mah ..emang bikin pusing tuh soal2….hahahaha, tp gw seh enjoy sj, lulus syukur kagak pun gak masalah tuh, tp pastinya 2008 coba sekali lg ah tes BAPPENAS…kalo susah2 amat to lulus tes di BAPPENAS ya biaya sendiri sj..mgkn syarat skornya dari PTN nya jg gak setinggi itu…hehehe

  40. maap mau nny, apa sangat erat kaitannya iq dan lolos tidak lolosnya tes psikologi. thanks

  41. temen2… gak usah risau krn mulai 2008 soal-soal TPA tidak akan sesulit dulu lagi, yang sulit cuma….ngejawabnya saja…

  42. @ lia:
    Sipp! Semangat ya, lia!

    @ andika:
    Kayanya nggak sih ya? Ada yang bisa kasih jawaban ilmiahnya?

    @ th@mas:
    Aih.. aih.. Jadul banget. :)

  43. masih hidup trus nih blog.
    thx tricnya om, tinggal pelaksanaannya aja nih.
    doakan semoga awal juli nanti yg tes tpa, dll lulus semua ;D
    btw knp TPA yg jadi patokan yah.. ada yg bilang. penilaian terbesar [70%] dari hasil score TPA ini.
    hmmm. binun.
    sinauuu maningggg

  44. @ jono:
    Semoga sukses sinaune!

  45. aduh gw tpa hari ini….

  46. eh, emang soal TPA perlu belajar ta ?

  47. baru2x ini saya ikut pelatihan TPA yang diadakan oleh GPSjakarta…tau ngga pengajarnya dari mana pren…Orang Bappenas langsung….ternyata soal2x aritmetika yg ada di tes TPA itu bisa dikerjain lebih dari 45 detik yg ditentukan…cara jawabnya ternyata ngga sesusah yg sy bayangin selama ini…jd tidak ada alasan lg takut ama aritmetika yg penting sering latihan……trus kalo sinonim ama antonim..itu mah dari kitanya aja…sering2x baca aja….trus kl jenis soal yg laen….dilatih2x aja….good luck for all prennnnnn…..

  48. trus tips lain…..kalo menurut lo, ada soal yg agak lama pengerjannya mending tinggalin aja dulu….soal aritmetika tuh…ada jg yg ngga perlu di cakar(diitung)…pake nalar aja…kebanyakan soalnya paling belakang banget….selebihnya….tips yg diberikan room ini membantu banget….orang pintar pun kalo ngga punya siasat belum tentu bisa ngerjain…orang yg kemampuannya rendah ato biasa bisa saja sukses asal sedikit lebih cerdas aja…..jadi teman2x yg tdk sepintar Einstein or Graham Bell…bisa pun mengerjakan soal TPA…asal mau berusaha…cayooooo

  49. @ hernandy:
    Aduh…

    @ cozmic:
    Belajar mungkin nggak. Latihan aja cukup.

    @ andi:
    Sipp. Makasih tambahan tipsnya yaa!

  50. wa..bocoran dong ndi…apa lagi tips and trik ngerjain TPA dari GPS kemaren…coz gw ga jd ikutan tes di gps itu!

  51. mo nanya..klo ikut pelatihan TPA yang di BAPPENAS tuh soalnya boleh dibawa pulang gak om??

    mo ikutan tes TPA buat persiapan test masuk CPNS dept. keuangan

    thanks

  52. Tolongin donk gue buat share ke gue strategi & contoh soal – soal tuk hadapin tes PLN ini berupa tes potensi akademik thank’s y teman – teman semua……..
    kirim ke email gue ya tresia_pardede@yahoo.com

  53. Temen2, gw rcn test di deplu. ada yg tau soalnya ga? hehehehe. kayanya ada 4 tahap. dr tpa, toefl, interview 2 x. tks yah

    R, Jose

  54. temen2 tolong dong kirimkan soal2 yang pernah ikut tes tpa sekalian tips n triknya dong dr gps,masalahnya mau ikutan tes di dep keu,please ke emailku hadijah_sanusi@yahoo.co.id

  55. mas diamana saya bisa download soal tpa ya,kasih tahu dong……….

  56. Alhamdulillah………..
    Tadi aku dah ngikutin TPA, gila.. susah bangeeeetzzzzz…
    asli ini baru pertama kali aku ngikut TPA…
    dah dech…. sekarang tinggal pasrah aja sama yang ngatur semuanya. kalaupun gak lulus di depkeu, mudah-mudahan dikasi yang lebih baik….
    buat teman-teman seperjuangan di medan pertempuran TPA ini,,, CAYO….. tetap semangat….

  57. ammmmppppuuuunn
    yang namanya tes TPA y gaj mngkinlah bs d kerjain smua
    estein aja klo d kasih jg gak mungkin bs jwb smua( klo dy msh idup) he..he..
    tp serius test TPA memng menguji tingkat intelegensi sesorang tp yang d cari sbnarnnya sih tingkat intelegensi nembak..
    ha..ha..

  58. BTW thanks y smua atas tips buat njalanin TPA tp perlu di ingat lulus tdknya kita pada test TPA bkn jaminan mutlak bahwa kita tuh bego..
    tp mungkin blm rezeki aja rezki..
    tp rugi besar tuh klo BUMN gak nerima kita..
    y gak…

  59. @ vita:
    Betul!! That’s the spirit! Kalo mereka nggak nerima kita, ya mereka yang rugi. :)

  60. di test TPA itu gk ada test b.inggrisny y?
    mohon kirimin coontoh2 test b.inggris donk?? itu bwt test masuk prusahaan…
    please y?? ke email-q y??
    kamsiah

  61. halo…halo…
    mau nanya dikit… di test TPA itu gk ada test b.inggrisnya ?
    mohon kirimin contoh2 test b.inggris donk?? itu bwt test masuk prusahaan… please….. ke email-q y??
    priskila

  62. buat jeng lupi, emang buku yag dibeli itu buku apaan?
    kok bisa bruntung banget
    blh tau gak nama bukunya?
    please…..

  63. aq mau ikut TPA Bappenas 30 Agustus 2008. Doakan yaa..

  64. Saya kok pengen tahu tanggapan orang-orang di negara yang sudah maju dengan TPA kita ini. Apa mereka ketawa atau mengangguk-angguk ? silahkan ditebak.

  65. @ Agus:
    Gimana kalau ketawa sambil mengangguk-angguk? :)

  66. TPA memang didisain sulit dikerjakan, makanya ini dinamakan Tes, kalo mudah berarti bukan tes dan kalo mudah semua orang bisa mengerjakannya…padahal kan tidak mungkin semua yang daftar diterima dalam seleksi…kenapa dikatakan potensi karena disini mengukur seberapa kemampuan potensial kita untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi atau jenjang karir yang lebih tinggi…semua yang terekam dalam otak kita adalah cerminan bagaimana kita belajar di masa lalu atau bagaimana seseorang belajar dalam hidupnya…semakin rajin orang mengasah kemampuannya semakin berpotensi dia dan semakin tinggi score tes TPA yang dia dapatkan…maka jangan kuatir terhadap TPA kalau temen-temen adalah orang-orang yang pandai memanfaatkan waktu untuk lebih banyak belajar….orang sulit mengerjakan TPA karena memang dia tidak merekam banyak hal dalam potensi otaknya…selamat belajar n semoga sukses untuk semua

  67. @ wepeka:
    Sukses untuk semua!

  68. mudah-mudahan teman-teman yang gagal dapat ambil hikmah dan termotivasi untuk tes berikutnya.

  69. @ ngeran sutries:
    Amiiin. Jangan sutries ya!

  70. Pengen nanya neh dulu gue pernah nemenin kakak ikut test TPA buat sarat S2 nya, gue dapet score 635. tapi gue ngak tau untuk apan neh score, orang gue cume nemenin doang kan gratis (dibayarin).
    btw score tertinggi yang pernah ada berapa seh? korelasi ama IQ gimana? apa ada skala perbandingan score TPA ama IQ?

  71. @ rahman:
    Wah pertanyaan lo sulit dijawab nih. Rasanya harus orang Bappenas-nya yang jawab. Hehe. All I know is that the maximum score is 800.

  72. Gw bulan agustus kemarin ikutan test TPA Bappenas, hasilnya ancur. Tapi gw pikr sebenernya soalnya gak gitu susah amat, cuman harus pandai ngatur waktu and strategi. Betul bgt kalo waktu sangat penting bgt, jadi temen2 kalo mo ikutan TPA harus inget waktu, kalo gak bisa tinggalin aja, cari soal yang bisa dikerjain. Met nyoba dech…

  73. @ Haryanto:
    Ayow coba lagi, Haryanto! (Mudah-mudahan masih dibayarin kantor…)

  74. tpa nih penting banget..di tempat gue…percaya gak di buat naik jabatan kudu lulus TPA tmsk Toefl nya di ukur ( di pemerintahan loh)…soal-soal TPA yang umum keluar yg kaya mana ya…? ada yg bisa rekomendasiin buku tpa yang tokcer…makasih..

  75. @ wansset71net:
    Tipikal di lingkungan pegawai negeri ya. Bapak gw juga dulu gitu waktu jaman di PU. Buku yang gw beli sih nggak ada yang tokcer, tapi cuma memberi ide bagaimana sih soal TPA itu (yang jelas-jelas jauh banget lebih sulit timbang buku-buku yang ada).

  76. ok mas…salam kenal…ttg website ok loh…keren en selamat ya…kalo gak salah mo dapet momongan ,…mudah-mudahan lancar ya..makasih infonya

  77. @ wansset71net:
    Sipp. Makasih ya. Sukses untuk semua langkah berikutnya!

  78. aihh…seru amat nih ngebahas ttg TPA…gue pernah ngikut TPAnya BI…lolos, tapi pas test pengetahuan umumnya gagal…ahahaaai…sulit cing!!
    anyways, yg TPAnya BI tuh yg bikin Bappenas jugakah ?
    yg jelas kalo TPA yg BI beneran buanyaaaaaak banget soalnya…ampe pas kelar ngerjain lehernya pegel gila…plus bonus kepala cenut-cenut !
    well, goodluck guys !

  79. USM ITB ada TPA kan?
    perlu belajar ga sih buat BTA karena saya bakal ikut di UI rp250rb..

  80. buat teman-teman yang merasa kesulitan dengan TPA, saya akan membantu. Saya akan bantu. Saya mengoleksi bermacam-macam TPA perguruan tinggi negeri dan buku TPA calon pns. Saya akan berikan GRATIS. Cukup cantumkan e-mail saja untuk saya kirim data.
    Terima Kasih teman-teman
    Sukses

  81. @ m ruslan matuseya:
    Rekan-rekan, ayo, tawaran mulia begini perlu ditindaklanjuti. Terima kasih, ruslan!

  82. Aku mau iktn TPA sekitar bln Nopember, minta tlg ya ruslan contoh soal2 TPA nya. emailku : awalya@gmail.com
    Thx b 4…

  83. To all, alamat e-mail m ruslan matuseya adalah ruslan [at] yahoo.com. Sumonggo dikirimken ke sana permintaan soal-soalnya. Takutnya kalo di-post di sini, beliaunya nggak tau.

    UPDATE: Ternyata pada bilang kalo imelnya bodong. Maaf ya!

  84. wah, alamat emailnya ndak valid, Mas, ndak bisa dikirimi..”..doesn’t have a yahoo.com account..” katanya..
    suwun..

  85. Bos, emailnya M Ruslan betul ya?
    Kok saya dapat notice sbb:
    Remote host said: 554 delivery error: dd This user doesn’t have a yahoo.com account (ruslan@yahoo.com)

  86. @ inoi; harie:
    My bad – or should it be his? Gw gak tau kalo imelnya bodong. Maaf yah, Guys, gw gak ngerti lagi gimana caranya ngirim imel ke m ruslan. Maap.

  87. iya nih, saya udah berapa kali ikut tes tpa yang kaak gitu, tapi yang bikin bingung kadang2, kalo saya belajar dengan sungguh2 malah tpa nya ga lulus, eee..pas saya maen tebak tebak aja, malah hasilnya lebih bagus, jadi yang mana yang bener ya..

  88. [...] say, imitation is the sincerest form of flattery, but this pathetic guy virtually copied and pasted my blog post! Talk about a rip [...]

  89. berapa sih nilai minimal TPA?? thanks

  90. Aku mau iktn TPA OTO Bappenas sekitar 23 Nopember 2008, minta tlg ya dikirimin contoh soal2 TPA nya. emailku : redpunk29@yahoo.com
    Thx b 4…

  91. @ Indr@:
    I’m advising you – all of you – against posting your e-mail addresses here. It will just help spammers to achieve their goal. M Ruslan Matuseya’s e-mail above is not available anyway. Sorry.

  92. halo…haloo…ada yg bisa bantuin saya kasi kisi2 TPA s2 ITB?
    Tolong yah…..
    email saya : xoniaciouz27@gmail.com
    tolong responnya sodara2… :)

  93. assslm…wrw.b…

    mav sebelumnaya knalin anama aku dhimas…

    arif nama kamu y a…????

    arif…aq gak ngerasa ngopy punya kamu .,.,.,lw agak salah aku copy di blog orag lain,,,saya aa ide tuk bikin topik itu karena waktu itu saya mau ngadepin tes potensi akademik……kebetlan pegalaman saya hampir sama dgn isi blog orang tsb,,, saya copy ja dan saya post di blog saya…..
    tapi lw seandainya benar itu asli pnya anda saya minta mav yg sebesar2 besarnya.,.,.,.,.,karna tidak mencantumkan nama anda .,.,

    tapi asal anda tahu tidak semua di blog saya hasil mengcopy.,.,.,.,.,

    sekali lagi saya minta mav…lagian saya jg jarang bka blog ,,,jadi I am sory.,.,.

    semoga dgn ini kita dapat jadi temen .,,.,:)

  94. @ dhimust:
    Gw nggak akan mempermasalahkan lagi soal post ini asal elo milih salah satu: a. elo kasih keterangan di post ini kalau ini aslinya punya gw dan kasih link ke blogpost gw; atau b. elo hapus post lo yang tidak orisinal ini. Jadi, pilih yang mana?

  95. mahab be.,..,.siru nian rahasia negara ja santai santai ja …kamu …..siru nian baru posting gituaja .,.,.,coba kamu lihat blog orang lain .,.,.,,.,dasar.,.,.,.,.ngelunajak kau nih ,.,.,.,.,,.,sory ja ngopy punya kamu .,.,.,.,.,

  96. @ dhmas:
    Sebuah reply yang sangat cerdas dan berkualitas. I should’ve known better than to have a conversation with a 10-year old. Terima kasih ya.

  97. Mau ujian TPA bapenas gmn?no.telp yg bisa dihubungi?

  98. gmana caranya mendownload soal soal psikotes tentang gambar orang , pohon dan gambat titik

  99. @ Ahmad:
    Udah coba liat website Bappenas? Atau coba tanya nomor telepon Bappenas ke 108?

    @ felix:
    Hmmm. Gambar-gambar yang itu ya? Coba tanya ama lulusan psikologi deh. Mungkin bisa membantu. Lagian yang di blogpost ini yang dibahas cuma TPA kok. Hehe.

  100. wah..tips nya sangat membantu gue untuk menetralisir ketakutan gue akan TPA. gue mau tes TPA utk S2 di salah satu perguruan tinggi nih sabtu besok..masih bingung dgn TPA..tapi dgn baca tips lo, udh agak lega lah…thx ya

  101. @ wiwit:
    Glad to be of service. :) Good luck!

  102. Di mana yah saya bisa mengikuti TPA di daerah Jakarta dalam waktu dekat? Saya berencana melanjutkan studi di perguruan tinggi negeri. Terima kasih.

  103. saya masih bingung, baca dari beberapa perespon yang menyatakan pengalamannya ttg TPA, sbnrn’y gmn sih?
    terus lagi yang udah tao buku-buku nya kasih tahu aku donk, terimakasih.

  104. @ agus:
    Kalau mau yang spesifik ya susah, Mas. Itu sama kaya ada orang yang belum pernah makan durian nanya ke orang lain, “Gimana sih rasanya durian.” Mau dijelasin sampe berbusa ya nggak bakal bisa ngalahin kalau dia makan durian beneran. Hehe.

  105. bos gw mau ikut tes TPA 24 januari besok nih…
    berdasarkan pengalaman temen2 diatas aneh2 ya… mosok tes TPA ada yang serius malah gak lulus eh pas nembak2 aja malah lolos…
    jadi bunging…
    satu lagi ada yang tau gak kisi2 TPA buat tes pasca UGM kasi tau dong gw de2 kan neh…. :)

  106. saya minta contoh soal2 TPA dunk..saya mau menghadapi TPA di ITB untuk s2..
    tolong kirim ke email saya ya..trims..

  107. hai hai,…
    aku mau ada tes nih tgl 17 january ,..baca dari comment2 kalian aku jadi bertanya2 nih ,..
    kalau buku2 TPA masuk S2 di jual dimana aja kan yach…
    binggung nih gw musti beli atau nembak2 aja pas ukian yach..
    kindly advice dung

  108. Bantuin donk…aku mau masuk S2 dan salah satu syaratnya ikut ujian saringan masuk yang tentu saja TPA dan Bahasa Inggris!
    Kirimin ke e-mail aku donk : e2girl2703@yahoo.com…soal2 ujian TPA yang katanya susah minta ampun itu. Mau belajar dari sekarang nih…thanks

  109. tulungin dunks…
    mo masuk S2 UI,trik and tripsnya..
    thank you before
    hilda_hamdja@yahoo.com

  110. aku pengen banget dapet contoh soal TPA untuk S2. bagi rekan-rekan yang mau berbaik hati untuk berbagi ilmu, kirimi aku di : hasan_ashari62@yahoo.co.id. aku kerja di Bappeda Kabupaten Pemalang

    • @ All:
      Once again, I advise all of you against posting your e-mail addresses here. From now on, I wont filter any e-mail addresses posted here anymore. If you get more spam, don’t blame me, okay?

  111. dear all,
    iya nie.. gw jg mo ujian s2 UI tgl 1 Maret ’09 ..
    klo ada yg punya soal2 TPA please send email to : vina.febrianti@gmail.com

    Thanks a lot yaa…

  112. aku minta soal-soal TPA. pleace

  113. Asslm,mengenai pelaksanaan TPA yang diadakan olh bbrp universitas, misalnya di unair sndiri dalam pelksanaan PMDK jalur prestasi menggunakan TPA dan sy rasa bg org yg g pnah mghdpi soal2 TPA kin akan mrsa takut+deg2an mw ngadepinnya,bleh sy tw bbrp soal dlm TPA mksudnya apkh itu hnya soal2 mndasar atawkh terapn2 yg sulitnya minta ampun?oy, sbrp sulitkah atw brp persenkah ksulitan TPA?dan apkah soal2nya hmpir sma dgn tes SPMB?!MHN INFONYA,….terimakasih….wasslm

  114. @ ainun istiharoh:
    Coba beli bukunya aja, Mbak Ainun. Kalau cuma dibicarakan memang nggak akan kebayang.

  115. Buat yang mau TES TPA di Surabaya dapat diambil di MM UGM Kampus Surabaya, Jl A Yani 286 Surabaya. Telp:031-8299655.
    Kita sering kerjasama dengan OTO BAPPENAS.

  116. ane dapet artikel yang sama di :
    [link deleted]

    yang asli “mungkin” yang ini karena responya lebih banyak
    dan yang asli pasti TPA nya tinggi he…

  117. wah berharga infonya
    thanx

  118. biar lebih lengkap, gw dapet link software buat latihan TPA, di
    http://www.kirimpesan.com/?p=3

    tp mesti kirim dulu email… buat minta serialnya… kita tunggu ya…

  119. satu topic dikomentarin selama setahun penuh… bener2 tob dah!
    anyway…april nanti gw mau tes TPA jg nich… hadu…. apa ikut kata orang tua aja kali ya, kalo kepepet jawabnya C…=P

  120. Thx infonya boss…

  121. @talentedproject, DeeRiee:
    Terima kasih sama-sama.

    @farrell:
    Thanks for the info.

    @igan:
    Bukti bahwa TPA ini memang menjadi salah satu faktor penting dalam kehidupan karir kita kan? Hehe. Soal nembak monggo aja sih. Cuma mohon diingat, beberapa soal TPA pilihannya berhenti di huruf “D”. Jangan bikin kesalahan kaya gw, nembak sampe huruf “E”. Hehe.

  122. Tahun 2005, saya ikut TPA Bapenas OTO. Hasilnya beruntung lumayan (90%), kalau nggak salah 816/900.
    Waktu itu sore, habis test GMAT sama TOEFL, beli buku TPA (kecil, buku saku) di Blok M lantai atas. Dibaca, jadi tahu kira2 apa yang ditestkan. Yang agak susah, soal verbal. Kalau kuantitatifnya, masih susah GMAT (setara dengan intermediate ke difficult, sedikit dibawah very difficult). Test TPA pagi berikutnya.
    Ini tambahan TIPS yang mungkin berguna.
    1. Baca buku, tahu big picturenya, dan buat strategy untuk mengerjakan.
    2. Istirahat cukup, physic dan psychis bugar dan sehat, siap untuk test.
    3. Seingat saya, ada sela waktu antara verbal sama kuantitatif, dan ada jeda antara bagian yang tidak boleh kembali. Jadi bekerja cepat dan pasti, tandai yang 50/50 (ragu antara dua jawaban), dan tandai yang memang hanya menebak (seingat saya, hanya yang benar, yang dihitung). Setelah satu bagian selesai, kerjakan yang 50/50 dan yang menebak. kalau masih ada waktu periksa lagi yang ragu-ragu.
    4. Misalkan 799 x 899, nggak perlu dihitung, kira-kira 800 x 900 (~720.000), cari jawaban yang dekat. Karena angka belakangnya 9×9, maka jawabannya, angka belakangnya adalah 1 dan angka depannya adalah 7 jadi (7xx.xx1).
    5. Sebaiknya sekali baca, langsung jawab (baik untuk verbal maupun untuk kuantitatif).
    6. Kalau waktu sd belajar HPU (himpunan pengetahuan umum) dan HPA (alam) nya bagus, verbalnya bisa bagus dan cepat.
    7. Konsentrasi tinggi (daya ingat tinggi, sekali baca cukup).
    8. Nggak perlu terpengaruh dengan peserta test lain (confidence)
    9. Cepat, akurat, teliti.
    10. Soal2nya pakai Bahasa Indonesia dan manual (jadi tidak adaftif, seperti GMAT), relatif lebih enak dipahami.
    11. Jangan meremehkan soal yang mudah, dan keep cool dengan soal yang menantang.
    12. Jangan banyak corat coret (ngabisin waktu), gunakan hanya untuk yang susah saja.
    13. Nggak usah maksa, yang penting enjoy saja dan selesai.
    14. Yang penting lagi, sambil berdoa semoga yang menebak banyak yang benar (waktu itu ada 10%~20% yang saya tebak).
    15. Tidak kalah penting, banyak yang benar.
    16. Berusaha, berdoa dan tawakal, semoga sukses.

  123. @adji:
    Good tips! Excellent score! Ckckck! Makasih yah. Satu hal aja soal yang #3: saya udah dua kali ikut, dan nggak ada jeda, Mas. Jadi selama 3 jam (kalo nggak salah), ngebut terus tuh, nggak pake acara berhenti. Hehe.

  124. [...] Singkat Beberapa Buku Tes Potensi Akademik Dua tahun ikut Tes Potensi Akademik (TPA), membuat gw punya beberapa buku soal tes itu. Dari beberapa yang gw punya itu, berikut adalah [...]

  125. Thanks Gardine, btw, kalau suruh test lagi untuk dapat hasil segitu berat (namanya keberuntungan) probability saya paling 1%. Kemungkinan besar akan di range 500 s.d. 700

  126. menurut pengalamanku, di indonesia ada dua versi untuk tes TPA. yaitu jakarta dan jogja. kebanyakan buku2 tes tpa yang ada terbit dari dua versi tadi. kalo mau ujian tpa, mending cari tau kira2 polanya ke versi yang mana, trus beli buku yang memiliki pola (versi) yang sama…. semoga sukses.

  127. @adji:
    Hehehe. Iya, ya. Saya juga mungkin bakal begitu kalau diminta tes ulang. :)

    @agung:
    Setauku, TPA yang resmi ya cuma yang versi OTO BAPPENAS itu, deh. Skornya aja disampaikan pake kop resmi.

  128. wah gw mau s2 nih, ada soal TPA gak

  129. makaci tipsnya bagus banget

  130. @siyamadi:
    Di blog ini sih nggak ada. Barangkali kalau mau blogwalking atau googling sedikit bisa lebih berhasil. Good luck ya!

    @maryana:
    Sama-sama. Good luck ya!

  131. thank infonya….
    do’ain aq mau tes TPA S2

  132. saya selalu gagal TPA. lalu bagaimana caranya supaya bisa lolos, biasa test tertulis saya selalu lolos. apaka saya bodoh? ini tidak bisa dirubahkah? trims

  133. Gak usah pusing bro…sering aja baca ” Buku Pintar ” itupun sangat membantu 30 % trus ntuk test yang laen , sering aja diskusi sm anak yg dah SMA…. aman kan …

  134. hwahh,, thx bgd nih infony..
    TPA sh klo mnurut gw,, test potensi kegesitann..
    Hidup kan ga mlulu akademik..msi bnyak aspek yg ngebuat kita pantas diperhitungkan..hehhe

  135. @samsam:
    Amin!

    @andi fery:
    Hmmm. Mungkin nggak bodoh sih, buktinya kalo tes tertulis lolos kan? Mungkin tipe tesnya aja yang nggak cocok dengan Anda. Sudah coba belu buku-bukunya? Sudah coba latihan langsung di BAPPENAS?

    @azwar:
    Gitu ya? Boleh juga tuh untuk dicoba. Thanks for the tips!

    @Indah Parmalia:
    Yup! Harus gesit! Betul sekali.

  136. ya ni aq juga mau test potensi akademik… doakan ya..

  137. yah,itulah indonesia….akan ada banyak pemberontak di negara ini suatu saat nanti….negara yang tinggal menunggu kehancurannya…dan indonesia akan hanya tinggal nama….tinggal sepanjang apa umur kalian nanti….

  138. Rencana mau ambil S2 di UI, ujiannya masih bulan juli sih…
    tapi dari sekarang udah mulai latihan soal tes potensi akademik. Yah…keliatannya sih emang gak bisa dijawab semuanya…hehe…kalo bisa berarti IQ-nya di atas 150. paling nggak tau soal2nya kek apa dari buku2 tes potensi akademik. kalo diliat-liat sih…emang butuh konsentrasi tinggi buat ngebaca soalnya, biar gak ngabisin waktu and banyak latihan juga biar tau trik2 tercepat nyelesain soalnya.
    misalnya, soal menghitung bentuk, kalo ngeliat sekilas gambarnya yang ditumpuk-tumpuk gitu pusing bgt pastinya, tapi setelah dipahami ternyata ada cara cepat buat ngitung bentuk2 itu. kalo diitung satu2 sih…ngabisin waktu bgt ya…hehe…apalagi kalo bentuk nya ada 100 lebih.

  139. @hendro:
    Good luck to you!

    @wedew:
    Huh? You’re speaking to the wrong crowd, buddy.

    @Diva:
    Sipp! That’s the spirit! Good luck to you!

  140. Hmm…SNMPTN ceritanya mau masukkin TPA sbg tes…sama gak ya dengan tes TPA um ugm?? kasi tau dong situs tempat download soal TPA…

  141. saya mo tes 23-24 mei 2009 to masuk program s3 di unpad adakah yg bisa kasih petunjuk krn tuk th ini katanya beda dgn tahun2 sebelumnya, nuhun

  142. yea. . .
    makasih all about infonya. . .pling ngga kita sipa menghadapi kemungkinan yang bakalan terjadi. . .
    sabtu minggu ini saya mo tes s2. . .
    doain sama semuanya ya. . . .
    thanks 4 all. . .

  143. tes TPA enng bos beli aja buku TPA lalu bakar terus abunya kamu masukin gelas kamu kasih air aduk merata lalu minum.dijamin tes TPA model apapun lancar jaya coy.

  144. tipsx belajar dan berdo’a trus percaya diri trikx ketika tes berdo’alah mudah-mudahan bisa ngerjain semua.tes TPA seperti ujian smp-sma ataupun spmb

  145. Sebenarnya bukan lebih tinggi skor TPA bagi yang menebak dibandingkan yang berpikir, namun mereka yang menebak dengan logika memang lebih cepat dibanding yang menghitung (karena TPA adalah Tes Kecepatan). Mereka yang menebak memang tidak merasa bisa namun untung-untungan, padahal tanpa disadari sebenarnya bisa dan potensinya tinggi. Kalau saya pernah ikutan Pelatihan Sehari di GPSJAKARTA Consulting memang dilatih logika dulu lalau diberi motivasi dan dilatih menebak soal TPA dengan cepat. GPSJAKARTA sudah berdiri sejak tahun 2001 dan alumninya mencapai lebih dari 20 ribu tersebar di seluruh Indonesia. Dari para alumni ini sebagian besar sukses masuk Pascasarjana, Beasiswa OT Bappenas, Beasiswa sampoerna, depkominfo dan juga sukses seleksi di Pertamina, Bank ndonesia, CPNS serta BUMN lainnya. Pelatihan ada terus setiap SABTU dan penuh melulu kelasnya. Hubungi saja di 021-70742586, 98299611 atau hotline 085210623123. Uniknya pelatihan hanya satu hari saja dan hasilnya luar biasa karena banyak yang ketrima lebih dari satu departemen/BUMN.

  146. mas,piye to latihan TPA nya?setelah di download gak bisa dibuka,…tolong di buat dalam adobe reader aja,…..tlong ya!

  147. @kepulikul0:
    Amin deh ya. Mudah-mudahan dapet pinter selain cuma seret di tenggorokan. Hehe.

    @gery salut:
    Sipp. Doa didukung dengan kerja, tentunya. Ora et labora!

    @Wilda:
    Hmm. Bukan saya yang bikin, je. Ayow, yang bikin tanggung jawab. Content di luar tanggung jawab blogger! Hehe.

  148. yaaah…latihan TPA nya ga bisa dibuka, padahal bentar lg (bulan Juli) mau TPA utk S2 di UI. Waktu lihat soal2 TPA yg buat PNS, emang pusing…apalagi soal yg ada angka2nya. Kata orang, musti tahu polanya, tp blm ketemu jg jawabannya.

  149. @ Nurul:
    Kalo buru-buru, mbok beli aja bukunya, Mbak Nurul. :P

  150. Hiiiiiiiiiiiiiii TPA oto Bapenas mang ga terarah……. ga tau gue apa maksudnya Lembaga setingkat Bapenas kok membuat Test yang keliatannya malah menghambat kemauan anak bangsa yang mau maju……. Silahkan komplain yang ga setuju ma pendapat gueeee….

  151. kemaren2 coba buat Latihan Soal-soal TPA Online di http://www.tespotensiakademik.co.cc

    kritik dan saran dapat dikirim via email atau dipost di http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2068875

    BTW ini gratis, saya sendiri taun lalu mengalami susahnya cari2 soal-soal TPA, alhamdulillah lulus si :)

  152. terima kasih atas informasinya
    semoga membawa manfaat

  153. @ dewisa:
    Thanks for the links!

    @ leonard:
    Amin! Makasih sama-sama!

  154. @ adji: TPA max score 800, bisa dapet 816 hebat juga.

    TIPS latihan dari gw, coba cari buku GRE keluaran Kaplan, ikutin petunjuk dan paduannya. Di latihan soalnya usahain dapet verbal 600/800, quantitative 800/800. TPA pasti dapet >600 (biasanya untuk lowongan dan beasiswa minta paling besar ya 600). Menurut gw lebih mirip GRE general test, kalo GMAT lebih banyak logic. Itung2 belajar bahasa inggris.

    Ketika d’day usahakan kerjakan dari belakang(serius) untuk tiap bagian kecuali verbal, soal2 di depan jauh lebih sulit. Jangan lupa 20 detik per soal, kalo diliat liat ga bisa langsung lewatin aja(tembak aja), kalo diliat2 bisa tapi kayanya bakal panjang tandain aja tar kalo ada waktu lebih bisa ditembak ato dikerjain kalo sempet.

  155. haloo gan kemarin waktu hari sabtu tgl 4 gw tes di TPA di ITB
    dan kemarin hasil gw sagat mngecewakan cuma dapet score 325.78 soalnya gw baru pertama ikut TPA n padahal gampang bgt soalnya cuma masalah waktu doang yg gw ngabiskan untuk berpikir di soal2 paling depan,pas gw tau eh ternyata soal dibelakang lebih gampang gw nyesel bgt deh…jadi itu pengalaman gw,jadi entar gw mau tes lagi ni tgl 25 juli ini……doain gw ya biar lulus mencapai score yg memuaskan…amin

    kemarin gw juga bnyak g jawab n bayak nembak juga tapi alhasil ya gitu deh..hehehe bener juga ya kl dipikir mau ngerjain soal segitu padahalkan soal itu dibuat g semuanya harus dikerjakan jadi yg di tau aja dikerjakan dan sisianya kl masih bnyak waktu nembak aja x ya.heheehhehehe

    doain gw ya biar sukses TPA nya …..aminnnnn

  156. wah wah….
    tegang juga neh nunggu ujian TPA…
    makasih tipsnya
    doakan juga ya…
    akhir juli ini aq ada ujian

  157. aq mw tnya perbedaan tes akademis dan tes psikologi tu apa ya?
    mohon bantuannya… aq bntar lagi mnghadapi k2nya… ;)

  158. duuuh, bsok aq hari sabtu mo TPT…
    ngga bisa dibayangin kalo sampe q g lolos.

  159. Gw setuju kalo soal TPA OT Bappenas tu = 3x soal TPA ‘pasaran’. Gw jg setuju kl tes TPA ga betul2 amat ngukur potensi seseorg. Kmrn wktu ngerajain soal TPA mo masuk S2 ITB, byk bgt bolongnya, trus ngikuti aliran statistik ya udah gw nembak 20 soal yg kosong A semua, 20 berikutnya B semua, 20 soal berikutnya C semua (peluang 20%). He he dpt tuh nilai TPA 567,7 lumayan kl cuma skdr buat masuk.

  160. jangan dech pake TPA sgala, emang udah lebih pinter tukang test, dibanding orang yang dites,.khan cuma ngukur orang lewat tulisan aja,.khan cuma pngalaman psikology aja ,.orang yang test khan gak kul di psikologi aja,.

  161. Ya Ampuuuun….gw br tau, kl mo msk S2 itu kudu ikut TPA…katanya cmn disarankan ikut TPA, eee…tnyt kmrn gw di email IPB, ktx syaratnya kurang yi TPA. ada yang bisa ksh saran preeen…

  162. gw mau ikut pendaftaran pascasarjana feui bln desember nanti, khan salah satunya ada TPA dari bappenas, giman gw bs lewatin itu dengan baik ya, gw bener2 keder nih…. bantuin gw dong, ini demi masa depan gw

  163. lets try….
    doakan daku sukses yach…

  164. salam kenal…mohon bantuan teman2 buat share pembahasan TPA ke email saya ya..thanks be4..
    yukhi886@yahoo.com

  165. Mohon minta alamat untuk membeli buku e-book TPA.

  166. Dulu wkt msk S2 UGM tahun 2000 TPA-nya masih gampang…sama dengan buku2 yang dijual di pasaran…tapi kmrn Okt 2008 ikut tes TPA lagi untuk S3, wuits….susah banget…usut punya usut sekarang yang buat soal dari OTO BAPPENAS itu beda…jadi jgn terpaku dg buku2 yang ada, yang dijual di pasaran itu…Insya Allah, saya tiap bulan mo tes TPA untuk ngejar skor 550…ntar tak sharing deh sama teman2 :)

  167. Ass. W WB, TPA……… TPA……….. pusing massss ……………….bisa kirim contoh soal TPAnya massssssss di emailku

  168. TPA? ….memang perlu strategi khusus selain memang ada faktor potensi masing-masing orang. Tahun 2008 ikut TPA OTO-Bappenas untuk persyaratan S2 ITB, alhamdulillah dapet 666. Dari rincian 3 bagian tes, nilai Verbal mendapat angka 80-an (ekuivalen 800), Kuantitatif 60-an lebih (equivalen 600 an lebih) dan Logika (kata-kata dan ruang) hanya 58 an …..terlihat dan konfirmasi bahwa bakat untuk hal2 yang bersifat dimensi tiga memang tidak semenonjol yang bersifat verbal dan matematis. Untuk kemenonjolan masing2 bagian memang merupakan potensi masing-masing orang. Tapi Tips yang dipaparkan sebagai pengantar saya kira sahih. Dan yang paling ampuh lagi tentunya : Berlatih-Berlatih dan Berlatih. Selain buku TPA lokal, saya kira model Test kuantitatif SAT, GRE dan GMAT sangat membantu.

  169. aaaghh sebel, 2 kali ikut TPA untuk naik ranking ga lulus. dah malas latihan neh… gmana dong….

  170. saya mau ikut tes TPA nih,,kira2 untuk mencapai nilai 450 susah gak yah,,,??trus trik untuk bisa lolos bagaimana??mohon saran dari teman2 ya,,,

  171. @ veza:
    Lha, itu yang saya post di atas apa kalo bukan tips? Hehehe.

  172. sy mau ikut tes TPA untuk masuk S2 di UI, score minimal TPA untuk masuk UI brp y? thx u ^^

  173. Terima kasih, info yang bagus…
    rencananya bulan ini saya harus sudah punya nilai TPA…. dan mudah-mudahan lolos ke ITB doain ya!! :)

  174. Untuk dapat skor tinggi, persiapan yg paling utama adalah menal dan daya tahan. Itu dapat dicapai dengan rajin mencoba mengerjakan, dengan disiplin waktu, artinya mengerjakan seperti beneran, diwaktu dan konsentrasi penuh. Saya sudah coba:
    Baru pertama test TPA OTO Bappenas, belum pengalaman test-test sejenis lainnya, apalagi ikut kursus. Cuma baca-baca buku dan latiahan soal dari internet. Hasilnya skor 664,25.
    Cara menghitung skor khabarnya sbb:
    jumlah soal benar dibagi 3 dikali 10. Jumlah soal keseluruhan 240. Jika benar semua berarti 240/3 = 80, dikali 10=800 (skor tertinggi)

  175. @sandi

    tau informasi TPA S2 ITB gk??
    jadwal + tempat test

  176. hey folks, saya mau ikut TPA brawijaya, bisa share sites yang trustworthy gag untuk belajar TPA online..
    ??? matur nuwun

  177. tolong kirim bro….!

  178. Thankyou, om…tips manjur….contekannya ciamik…bermanfaat banget…berkat masukan, tips dan contekannya, torang berhasil lulus tpa oto bappenas in one shot he..he.. thanks again

  179. [...] yourself well for the tests. I’ve got nothing to offer you other than these tips on the [...]

  180. Terima kasih informasi yang cukup melegakan. beberapa saat lagi saya juga akan mencoba ikut seleksi masuk S-2, tapi ngga PD lah untuk menghadapi TPA nya. Pernah juga sih, waktu dulu ikut seleksi pada suatu event, saya yakin ngga asal tembak jawabannya ,dan Alhamdulillah, berhasil lolos. Eeee… sekarang mau test lagi,kenapa ngga yakin gitu,ya ? saya sangat tidak PD pada soal-soal matematikanya.
    Mohon do’anya, saya mampu menyelesaikan TPA dengan lancar,
    Thank’s.

  181. waktu lagi googling, eh nemu tips ini…duh…bermanfaat banged untuk memaksimalkan waktu dlm ngerjain soal…
    karena emang bener tu kta yg komen diatas tadi “sepintar-pintarnya orang, masih tetep kalah ma orang yg beruntung”.
    aku udah pernah ikut test TPA untuk pertama kalinya waktu tes CPNS BPN n alhamdulillah lulus, tapi gagal di wawancara..
    tahun ini aku mau mau ambil S2 di Unibraw, apa emang tes TPA OTO BAPPENAS itu susah banget ya?!
    fiuft… so nervous nih…wish me luck yah?
    ^________________________________^

  182. alooww…
    saya minta tolong kirikan informasi jadwal test TPA 2010 donk.
    plus informasi penting lainnya.
    terimakasih.

  183. waah…tips yang sangat bermanfaat sekali. Sayangnya saya searching tips menghadapi TPA ini setelah saya mengahadapi tesnya. Tapi bermanfaat banget loh mas. Boleh saya share ke teman-teman ttg tipsnya kan :-)

    Salam kenal mas

  184. [...] Selesai menghadapi tes tersebut, malah saya jadi ketagihan untuk ngebahas soal-soal TPA. Sampai saat ini saya masih mencari bagaimana trik n tips untuk menghadapi TPA dengan mudah. Kebetulan dalam pencarian, saya menemukan beberapa tips yang ditulis oleh mas arga dalam https://arga.wordpress.com/2008/03/08/tips-menghadapi-tes-potensi-akademik/#comment-6126. [...]

  185. Pengalaman pertama saya ikutan test TPA adalah kemarin tgl 24 April 2010, lumayan bikin deg-degan. Namun satu hal yang pasti dan paling berkesan bagi saya adalah tentang tempat duduk waktu test. Huhft….kebetulan peserta yang duduk persis di belakang saya punya penyakit batuk yang luar biasa hebohnya, hmm….konsentrasi saya benar-benar dibuyarkan olehnya. Mau dicuekin,,,benar-benar gak bisa, karena suaranya persis ditelinga saya. Btw, tentang soal: betul tuh tips yang cari soal mudah duluan,,,karena kita seringkali terjebak di soal di bagian depan yang butuh waktu ekstra utk mengerjakan. Padahal di bagian belakang ada soal-soal mudah yang dapat cepat terselesaikan dg sedikit waktu. Trims.

    *WH banget

  186. kok soal2 tpa sulit bangat

    ni mau ikutan lagi..kapan baru ada tes tpa bappenas?

    TQ

  187. Bro gardine, setelah g baca ini, g jadi punya ‘bayangan’ kaya gimana itu tes TPA.

    G mau ikutan tes TPA tanggal 3 Juli 2010 ini bro.. doain g yah, g mau masuk S2 Teknik dan Manajemen Industri ITB.
    G butuh nilai 475, buat lolos TPA..

    G sih berharap bisa lolos TPA, supaya bisa masuk ITB (cita-cita pengen sekolah di negeri) Hehehe..

    Anyway, thanks for the share..
    waiting for the next clue and sharing…

    @all yang posting reply :
    Thanks buat komentarnya, terutama seputar software, sharing TPA, share, and skor2 buat menentukan maksimal TPA.
    Sorry g lupa siapa namanya, maklum udah kebanyakan yg post.. hahaha…

  188. @m ruslan matuseya
    mas tolong kirim k email q ea, q mau tes stan
    jazztyan@yahoo.com

  189. tgl 15 besok aku mau tes TPA di UHAMKA
    aku luluisan tahun kmrn.Jadi pelajarannya lupa2 inget gitu apalagi aku lulusan SMK kadang2 khan tesnya lulusan SMA smua pelajarannya.SMK khan gak ada IPS.Kira2 tau gak tes TPA di UHAMKA???/???

    TOLONG DI BANTU YA

  190. hiks…tpa…I just do not know about it…

  191. Waah… hebat sih

  192. BTW KLUW TES TPA NA MIN 1 IAA KLUW SLAH JWAB MASSS ?????

    • @ NURUL:
      Saya nggak mudeng Anda ngomong apa. Kalo boleh saya saran, jauhkan diri dari ngomong/nulis yang model begini minimal setengah tahun sebelum ikut TPA. Berbahaya untuk skor Anda.

  193. teman2,, ada yang tau link lainnya soal2 TPA ga?? gue mau ikut tes ekstensi UI nih.. mohon infonya ya bagi yang tau.. makasih.. :)

  194. tolong dunk tes tpa untuk itb ama pembahasannya please urgent nih, thank you my bro

  195. tolong dunk kirim ke email aku : williamkazio@ymail.com, urgent yach fren

    • @ Willy:
      It would be a wonderful world if requests such as yours are easily fulfilled. I’ve got no such resource and kindly suggest you to flex your Googling muscles. Godspeed!

  196. Ak mau tes TPA di depkeu..gmn ni???ak bingung..baru pertama kali ni ikutan tes cpns….

  197. aku jg mau ikut test TPA di depkeu, gak usah bingung. Beli buku latihannya aja….nyantai. Moga2 aku jg ketrima.

  198. mas, mohon bantuannya.

    untuk tes/latihan perorangan di oto bappenas itu bagaimana caranya? ada informasi?
    karena saya googling ttg oto bappenas, tp tidak ada yang menyediakan langsung info ttg tpa ini.

    terima kasih ya, mas.

  199. tips yg bermanfaat, ijin share link dan isinya ke beberapa teman via email….

  200. Tolong donk..aku ngalamin kesulitan waktu download Tabel Hafalan Bilangan Matematika Sederhana (Desimal, Persentase, dan Perpangkatan). Limit dari IP aku sudah habis. ‘All download limits exceeded from your IP (xxx.xx.xx.xx). bisa dikirimin ke email ga pdfnya. butuh bgt buat persiapan TPA Depkeu bulan Juli 2010. Thx before.. (“,)

  201. Ada yg tau gak??d UI itu kalo s1 ekstensinya lbh ngutamakan TPA atau B.inggris nya??

  202. Mas, Thanks banget ya.. .

  203. selain tpa apalagi syarat untuk kul di fakultas kedokteran ugm, kira-kira dana 82 juta cukup gak? masak harus jual mobil bmwku lagi buat tambahan sih? kasih tau bocorannya dikit ya

  204. mau tanya, biasany yg masuk kategori TPA itu materinya apa aja ya??
    Thx.

  205. potensi akademik tu bkan potensi “nembak” sperti yg kita bayangkan. dengan waktu yg demikian sedikitnya, kita diminta untuk mmbuat sebuah jawaban atas soal2 yg diberikan. sebenarnya maksudnya adlah untuk melihat seberapa besar kmampuan & kberanian kita dlam mmbuat 1 kputusan CEPAT dgn sgala resiko slah atau bnar yg nantinya akan kita tuai.tentunya, kalo ada ksalahan, maka kita harus berani bertanggung jwab. karena dlam sebuah instansi, yg dbutuhkan bkan orang2 yg jenius dgn idealisme mreka, tetapi orang2 yg mampu bkerja dlam team work. So, guys, thinking fast as accurate as possible and be responsibble in our choice decision are needed here!

  206. halo, ada yang tau bagaimana cara penghitungan skor oto bappenas atau tpa pada umumnya gak ya?
    misalnya, oto bappenas kan min. score nya 500, dengan total soal 250, nah minimum berapa soal terjawab kita bisa masuk ke kategori skor 500?
    makasih kawan!

  207. halo, ada yang tau bagaimana cara penghitungan skor oto bappenas atau tpa pada umumnya gak ya?
    misalnya, oto bappenas kan min. score nya 500, dengan total soal 250, nah minimum berapa soal terjawab kita bisa masuk ke kategori skor 500?
    makasih kawan!

  208. wahhh … trnyata TPA ntu suLit ea, aq dah nyoba sana-sini gak LoLos jg gymna atuh soLusinya wad ngerjaen TPA??..
    nt aq mao ikut test gy, ad yg bisa kasih saran kah??..
    agar test yg kali ni LoLos..!!

  209. sedikit saran mengenai TPA :
    dari pengalaman gw wktu test TPA soal yg dibuat itu sebenarnya diulang.
    Biasanya dengan metode zigzag 1/8 1/12..dst. Ga ngerti,,,
    penjelasan :
    1/8 ( soal no.1 biasanya mirip jawaban nya dgn soal no.8… no.2 dgn no16….dst)
    jadi tergantung ketanggapan dan daya ingat kalian dalam membaca soal…

    so baca dlu pelan2 soalnya,, klo ada yg mirip langsung sja gunakan metode ini,,,
    bukan brarti buka rahasia,, tp emang gtu rahasianya… hehehe

    sukses yach….

  210. mas minta SN nya dong, email udah ku kirim, tengkyu.

  211. baru aj sabtu tgl 7 agust kemarin gw ikutan TPA di Bappenas…..first time ikutan tuh…dan hasilnya lumayan, not bad….gw cm modal persiapan kondisi badan dan percaya ma kemampuan diri sendiri

    ubtuk masalah skor, yg gw tau, kl dah yakin ada 125 soal dari 250 soal…kita dah ngantongin nilai 500an….

    yg jelas soal TPA gak kan bs dikerjain semua dgn waktu yg sempit ky gt…jd modal dasar paling awal adalah percaya diri dan yakin dengan jwaban pertama kita,,,,krn kl ragu, otomatis buang waktu wat ngulang2 soal ybs….

  212. kalo gw boleh tanya nih gan, ini tips bisa di pake buat TPA S2 ga? sekarang gw masih S1 di luar negri, tapi gw mau persiapan dari sekarang nih… bisa di pake buat TPA S2 kan gan… makasih.

  213. gw mw ujian TPA BAPPENAS tgl 26 oktober 2010
    ada yg pnya cntoh soalny g?
    email dnk ke rezastri@yahoo.com
    thanks be4

  214. [...] need to practice taking scholastic aptitude tests (tes potensi akademik), such as the GRE  and [...]

  215. wah thanks y infonya………….
    q mo test S2 nih tapi yg paling g’ enak kayaknya soal matematika cz bikin puyeng……….

  216. Ak mau ikut TPA bt daptar s2 di UGM,tp baca komen tmn2 jd semangat 50:50 niy..
    ada yg tau info instansi mana yg mau ngadain tes bln2 ini ga?

  217. saya kemarin ikut TPA ini, hasilnya di atas 600, itu artinya apa ya?

  218. Hola .. friend ..
    aku mo ikutan tes pubindiklatren Bappenas gel II 2011 , mungkin awal maret. Abis baca2 komen2 temen2 rasanya ada sedikit gambaran. walaupun ga tau battlefield nya gimana.

    Any PDF please ? or e-Book yg pernah dikirim ke Riris ?
    :)

    makasih ya blognya berguna banget. Salut man !

    *JazzLoVa!

  219. Thanks bt infony yah…saia dag dig dug trs deh kl soal TPA, brasa bkn anak pinter, tp ambisi S2 d ITB…kl da ebook or laennya share yah??
    sma2 bedoa, :) :)

  220. tolong beri gambaran tpa masuk s2 pendidikn matematika unnes khususnya bhs inggris,trims

  221. salut,salut sm ni blog.. smpai 2th tuh komen,bermanfaat skali infonya.. sukses bwt smuanya!

  222. bagi2 lah pengalaman masuk s2 teknik elektro itb, dan bagaimana urus biaya siswa

  223. @ W:
    Sory bro, salah tulis, maksudnya ~90% (716/800), yg pasti diatas 700. Maklum tahun 2005.
    Kalau tips untuk TPA (satu kalimat), “kerjakan semua sesuai kecepatan dan kemampuan kita dengan sungguh-sunguh”.

  224. Pro Kontra TPA ? TPA tuh emang penting untuk mengukur logika dan penalaaran kita sehingga bisa ketahuan ( walaupun secara kasar ) kita tuh punya IQ jongkok atau ga. Jadi ga usah terlalu dipusingkan. Nyante aja. Emang tips di atas membantu banget. Klo anda ga lulus gara-gara TPA jeblok itu kan bukan pertanda kiamat. Itu cuma kesuksesan yang tertunda. Ya nggak. Salam hangat .

  225. gw br dapet info di UGM skrng TPA-nya dganti jadi tes APPS kalo ga salah, tu yang kayak gmana ya?agan2 ada yang pernah ngikutin ga?tu lebih susah apa sama aja sama TPA? yang udah pernah ikut sharing donk, thx be4

  226. kirimin gue juga dunk contoh soal TPA nya.. gue mau ikut tes di PLN nih.. email gue: sudy_electric@yahoo.co.id
    thank banget yah frend

  227. thanks info nya … mudahan2 gua bisa lulus testnya lusa ^_^

  228. terimakasih,…^_^

  229. bisagak bisa gak ini menyebalkan mesti percaya kemampuan diri walau tips nembak soal tpa gagal melulu. temen-temen apa ada soal tpa yang bisa kupelajari . bagi donk ya.. trimakasih

    • @ phujiono:
      Saran saya, banyak-banyak latihan. Coba cari referensi buku-buku yang ada. Nembak memang nggak bisa dihindari, tapi jumlahnya yang perlu diatur. Tingkatkan akurasi untuk yang memang bisa dikerjakan.

  230. mmmm..
    gakk ada cara ngerjain soal TPA y ??
    cz susahh bgeet mnurutku :(

    gmnaa niie ???

  231. saya udah nyoba pake sistem nembak, tetep score nya kurang 11 dari minimal score 475. ada cara nga’ supaya ngehitamin jawabannya cepat, biar hemat waktu.
    minta contoh soal nya donk dikirim ke email : adeye40112@yahoo.com
    thanks.

  232. Thanks.
    Moga ini ngebantu gw lancar ngerjainnya ya, mas bro…

  233. @ yudi:
    Blog post ini untuk TPA resmi dari Bappenas. Untuk TPA yang lainnya, saya nggak pernah nyoba. Saran saya, coba baca baik-baik perintahnya.

  234. @ rara:
    Itu harus cari polanya. Kalo yang huruf begitu, sebaiknya dibawa ke angka. b itu kan 2, g itu 7. Lalu tinggal diurutin aja, biasanya kan kalo polanya angka jauh lebih mudah kelihatannya.

  235. maksud nembak itu apaan mas??

  236. Alhmdlillah… kemaren tgl 15 sep 2011 gw lulup TPA… besok gw akan TEST AKADEMIS… mas punya bocoran gk kira” soal nya tuh gimana seh??? thanks before…

  237. TPA itu Tes Potensi dan soalnya dengan angka sangat besar biar sulit namun juga sangat kecil biar rumit (angkanya ekstrim). nah orang yg potensinya tinggi tidak akan kesulitan. Kalau baca komentar diatas tahun 2008 ada yang bilang TPA soalnya tidak sulit namun hanya kurang waktu saja. Itu ungkapan yang jujur dan benar krn TPA adalah tes kecepatan sehingga semua soal bisa dikerjakan dan ukurannya memang waktu. jadi cepet-cepetan, bener beneran an pinter pinteran (siapa cpat dan benar maka dia pintar). GPSJAKARTA Consulting atau populer disebut gpsjakarta.com yg ada di lebak bulus yang disebut diatas oleh yuli itu benar adanya dan pelatihan TPA full logika (Verbal, numerical, penalaran logis serta penalaran abstrak berupa gambar kubus) semuanya diajarkan tips triknya dengan logika dan tanpa rumus krn satu soal hanya 45 detik saja. Biayanya kalau anggak salah mulai juli 2011 jadi 250 rb yg sebelumnya 200 rb. Tapi meski biaya naik peminatnya banyak terus. Waktu tahun 2006 saya ikut GPSJAKARTA tentornya bilang bahwa kesalahan umum peserta tes adalah belajar dari buku TPA yg isinya cuma matematika sehingga pembahasannya pakai rumus diagram ven, pytagoras, persamaan kuadrat dll dan itu bikin lama melebihi 45 detik. saya berhasil lulus berkat pelatihan sehari dengan GPS jadi saya merasa wajib menyebarkan info ini agar orang lain selamat (menyebarkan ilmu yg bermanfaat adalah perintah Allah). Ohya webnya GPS aku copy di bawah ini silahkan klik saja tautannya tks

  238. bos kemarin saya habis ikut tes tpa juga,,soalnya memang susah(dari bappenas),,bahasanya pada asing semua :(
    matematikanya harus cepet jawabnya,,kalau ngga bisa langsung ditinggal aja,,
    kalau logikanya lumayan lah daripada bahasa&math nya:)
    makasi ya bro tips nya,,ngebantu banget:D
    mudah2an tes saya dapet hasil yang memuaskan :)

  239. thanks atas infonya …soalnya dlm wkt dkt ini gw akan ngikut tes TPA
    salam

  240. ada yg ikut tes TPA ITB tanggal 26 November 2011 ??
    berapa soal biasanya ?

  241. Akhirnya kemaren aku ikut TPA di ITB untuk pertama kalinya dan sukses….LIEURRR :p
    TPA dari Bappenas, terbagi 3 section
    1. Verbal [sinonim, antonim,hubungan kata, dan wacana], 90 biji
    2. Kuantitatif [itungan biasa, aritmetik,matematika soal cerita gt2 dah, sama apa gt], 90 biji juga
    3. Penalaran logika [ logika pendek, logika soal cerita yg panjaaaaaang, gambar berirama, sama gambar 3 dimensi puter2 lah]. 70 biji aja

    masing2 section 1 jam doank, kalo dah lewat 1 jam, gak boleh kembali ke section sebelomnya [ketauan baget kalo curi2 soalnya masing2 section kertasnya berwarna :p] Nggak tau hasilnya begimana, blom nyampe k rumah si amplop dr Bapenas. Pasrah ajalah. Jujurnya seh harusnya ini tes gak susah, emang harus pake trik2 cara menjawab cepat milih soal gampang, apalagi kuantitatif deret yg makan waktu, ampe ga sadar 30 menit nongkrong di bagian itu doank, sementara masih ada 3/4 soal section itu blom aku kerjain, gileeeeeeeeeeee….

    Ya Allaah semoga aku bisa luluuuus…amin.
    Btw, ma kasih ya Mas, blog nya membatu banget untuk persiapan mentalku kemaren, walo hasilnya mah kagak tau :p

  242. semoga saya bisa masuk se sekolah idaman saya , aminn =D

  243. TIPS UNTUK SUPAYA LULUS TES TPA

    1. JANGAN MENGHITUNG YANG TERLALU LAMA, MAKSIMAL 20
    DETIK SAJA,
    2. DALAM SOAL MTK MAIN FEELING SAJA MANA YANG ANGKA
    MENDEKATI
    3. BANYAK CORETAN DIKERTAS SOAL HANYA MENGHABISKAN WAKTU
    4. JANGAN BERPIKIR UNTUK MENCONTEK, KARENA BISA AJA ORANG
    YANG ANDA CONTEK BISA LEBIH TOLOL DARIPADA ANDA !!
    5. 5 MENIT SEBELUM HABIS, TUTUP BUKU SOAL, LAKUKAN TEMBAK
    JINGGO BERHADIAH !!! HEHEHE

  244. [...] tabel: HERE HERE Share this:PrintTwitterFacebookMoreTumblrLike this:LikeBe the first to like this [...]

  245. Saya baru sekali ini mau TES TPA ada berapa Soal sih? dan ada berapa macam Mata Pelajaran? tolong dong bantuuuu

  246. TPA mungkin penting tapi korelasinya dalam dunia nyata pendidikan dengan kesuksesan belajar, terutama pendidikan diluar negeri dimana syarat TPA-nya lebih tinggi, tidak terbukti. Saya sudah buktikan. Bule sendiri tidak mengukur2 nilai TPA mahasiswa mereka, hal ini dapat dilihat dari kemampuan berfikir kritis mereka yang hampir sama bahkan lebih rendah dibandingkan orang kita, secara persentase. Jadi kesimpulan saya persyaratan TPA yang tinggi untuk calon penerima beasiswa atau mahasiswa, lebih kepada mengada-ada. Banyak orang yang potensial gagal gara-gara nilai TPA-nya tidak cukup. Lebih-lebih lagi pada kasus tidak terpenuhinya kuota jumlah penerima beasiswa ke LN dari dana hutang luar negeri. Misal, ada kesempatanan untuk 40 orang tapi yang dikirim hanya 30, yang 10 digaglkan karena TPA nya kurang. padahal hutangnya tetap jalan terus/kita bayar tapi nggak dimanfaatkan secara optimal. Jadi kepada BAPPENAS/OTO tolong evaluasi lagi secara mandalam tentang syarat TPA yang tinggi itu, jangan sampai menghalangi bangsa kita untuk maju. Demikian mhn maav kl kurang sopan. Salam

  247. mas,,izin baca tips nya ya…hihihi..

    mas,,klo mo ujian masuk S2 UGM, ITB dan ITS yang dipelajari apa aj sih mas.

    oh ya,,klo mo cari buku2 tes utk seleksi ujian masuk S2 PTN sebaiknya buku2 seperti apa contohnya mas.

    terimakasih.

  248. awal januari kemarin ikut tpa s2 di salah satu univ. syukurlah bisa lulus. selain menurut saya soal2 tpa univ nya relatif mudah, juga berkat bantuan buku Yul Iskandar, penerbit Viacom, klo g salah judulx tes potensi akademik untuk s2

  249. dimana tempat kalau kita mau ikut tes TPA nya
    mohon bantuanya

  250. mas,boleh dibantu kirimin contoh TPA ga ke wazirtjp@gmail.com.
    makasih lo seblmnya :)

  251. terima kasih ata tipsnya, sangat membantu..

  252. TPA memang buat rumit………klo dilihat test ini bukan patokan utama melihat iq seseorang…..bagaimana dengan seseorang yang memang ber-iq tinggi tapi tidak pernah pelatihan TPA, pasti nilainya dibawah yang mengikuti pelatihan……jadi menurut saya TPA itu bukanlah hal yang sulit dalam arti semua bisa asalkan belajar…..dan bukan merupakan tolak ukur untuk menentukan iq

  253. Terima Kasih banyak buat share tips2 dan semua pengalaman temen2.. hehe, mantaap dah tulisan thn 2008 msh eksis ampe 2012. mantaap.
    Btw boleh minta share emailkan jg ga Mas, tabel hapalan seperti yg diminta Mba Riris ke emailku.. Mslhnya scribd-nya sdh berbayar, hohoho.. Thanks so much yoo.. Smoga bernilai amal berkah.. #mau test TPA April 2012 nih, so nervous.. wish us luck ^__^

  254. Kirimin contoh soal TPA nya dong >>> flowdark43@yahoo.co.id
    terimakash :)

  255. 2 Minggu dpan tes TPA, mhon kirim contoh soal2.x ini email aq http://www.ar_wansyah13@yahoo.co.id

  256. klau mnrut lo2sulit g chih coal2ny4

  257. sip… makasih buat infonya, bisa d coba.. mudah”an bisa lolos, amin

  258. Tlong yg udah prnh ikut tes TPA Bappenas n pux soal2 TPA..share donk..di emailq chemchemok@gmail.com
    Thanks

  259. Suka sama kalimat,,
    “jangan takut kehabisan soal”
    ^_^
    hi. . .H?

  260. perhitungan kelulusan smua test tuh gmana?? trus lebih berpengaruh tes yg kaya mtk, ipa, dsb atau tpa nya?? terima kasih.

  261. hemm…cara menalar soal irama bil.tu susah..
    gmna cra ea biar mudah..?:)

  262. @ m ruslan matuseya:
    tolong di kirim ke mruvi@hotmail.com boss thanks ya

  263. Jadi kesimpulan saya persyaratan TPA yang tinggi untuk calon penerima beasiswa atau mahasiswa, lebih kepada mengada-ada. Banyak orang yang potensial gagal gara-gara nilai TPA-nya tidak cukup. Lebih-lebih lagi pada kasus tidak terpenuhinya kuota jumlah penerima beasiswa ke LN dari dana hutang luar negeri. Misal, ada kesempatanan untuk 40 orang tapi yang dikirim hanya 30, yang 10 digaglkan karena TPA nya kurang. padahal hutangnya tetap jalan terus/kita bayar tapi nggak dimanfaatkan secara optimal. Jadi kepada BAPPENAS/OTO tolong evaluasi lagi secara mandalam tentang syarat TPA yang tinggi itu, jangan sampai menghalangi bangsa kita untuk maju

  264. thanks for your tips.. I hope ican be pass the test after IU read this tips..success../??

  265. aq jga pngen dapt contoh soal.nya dunk ka…?

  266. wow takut ne tes TPAx nnti hri senin…..

  267. wahhh berarti sangat membantu ya,,
    thanks buat tips.a moga bermanfaat buat cy dan yang lainnya

  268. yah muda2hn ajja di hari sabtu ini saya bisa mngjrjkn soal tes tpa,,,tp sulit gk yah

  269. seru mantaf, pokokna mah.. harus ada ketenangan dan konsentrasi.. Alhamdulillah tes kemaren pertama kalinya TPA s2 ITB langsung lolos.. total skor 571

  270. selamat pagi..
    kpda mastah2 mhon share donk gmne tpa MM ugm. email saya hafiz.educ@gmail.com
    matur nuhun. :)

  271. buat teman2 yang punya softcopy soal2 tes TPA bappenas.. minta tlg di share ke email saya ratnay1999@gmail.com. suwun

  272. terimaksh ya ats tipsnya. Ini sngat membntu

  273. saya ebentar mau tes TPA,mau masuk universitas negeri,mohon doanya ya rekan2,dan makasih atas tipsnya,,sangat berguna sekali un saya…

    salam kompak..

  274. Thaks infonya bro…jangan sekali-kali mencoba sesuatu yg blm prnh kau latih,hasilnya “capek,pegel”.

  275. Nilai bagus Alhamdulillah…nilai jelek Alhamdulillah..
    belajar itu ikhtiar…faktor penentunya tetep ridha Allah SWT :)

  276. Mas, sy mau ikut test s2, bantuin dong, gimana biar lulus tpa nya, udah 2x nih ikut……trimakasih
    sebelumnya yg mau bantu…

  277. Gara2 test ini gue gak masuk smk favorit ,, :(

  278. kemarin gw ikut tes TPA pertama kali TPA oto bappenas di IPB, hasilnya sangat menyesakkan padahal gw kurang 3 angka buat score minimal 500 bayar 325rb pula, hehe tp jd pelajaran berharga & bahan evaluasi klo kapan2 ikutan lg yg ke-2 dst

  279. Misalkan soal TPA nya berjumlah 145, untuk mencapai kelulusa kira2 harus betul brp yah ?
    please comment balik yah :)

  280. ada yang pernah ikut TPA di pt pindad ngga kalo ada boleh dong bayangan soal soalnya gmn?

  281. Selamat Sore rekan2 milis, mohon izin saya ingin bertanya adakah teman2 disini yang mau menyediakan jasa les privat TPA?

    sekedar info saya sedang mencari rekan juga untuk membuat grup les privat TPA pengajarnya dari UI, namun saya belum mendapatkan rekan yang berminat. bg yg brminat bs menghub saya

  282. Kalau menurut saya, nembak pun tetap ada seninya hehe.
    Misal kita tahu kalau diantara jawaban a-e, yang bener antara a atau b untuk ditembak. Jadi ya sudah silakan hitung kancing karena kalau menghitung pasti memakan waktu.
    Nah untuk tes TPA Bappenas yang Tanggal 2 November kemarin, alhamdulilah dapat skor yang lumayan. Memang sih sebagian ada yang murni nembak karena pas waktu habis masih ada beberapa nomor yang belum kebaca soalnya.

    Namun untuk test masuk UI, katanya sih TPA ada nilai pengurangnya jadi gak bisa ngasal nembak jawaban.

  283. TPA = Tes Paling Ampun2an

  284. yg penting usaha dulu stl itu tawakal akan hasilnya mau test habis test perbanyaklah sedekah,jangan lupa sholat malam dan duha biar dimudahkan segala urusan……….amin

  285. mau nanya , kalo andaikata jawab nembak sebaiknya pilih jawaban apa ya , A B C D atau E ? makasih

  286. hmm.. sedikit di luar topik, tapi saya mau bilang saja bahwa 100% saya yakin saudara Lupi tidak serius dengan komentarnya. Trust me, ngga ada satu pun buku tentang TPA di luar sana yang bisa memprediksi 100% soal yang akan muncul plus jawabannya, urut abcde-nya. Saran saya sih, beli buku TPA untuk latihan dan “pembiasaan” dengan model-model soal TPA. Kalo ada 1-2 yang sama persis keluar, anggap aja mujur. Intinya sih rajin latihan, rajin baca, jangan terpaku pada satu soal (begitu otak kasih sinyal sulit, lompatin aja), dan nembak pun ga masalah (catatan: nembaknya konsisten dengan 1 pilihan, kalo a ya a terus. kalo ga konsisten malah berpotensi gagal), plus jangan lupa berdoa. Itu saja. Well, at least trik itu berhasil pada saya. Tes TPA pertama saya tidak mengecewakan. jadi untuk semuanya, good luck! ;)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: