RandomScrawls
Decidedly mundane…

Langkah-langkah Memperpanjang SIM A di Kantor Pelayanan SIM Daan Mogot Jakarta Barat

Pas tanggal lima kemarin, SIM gw tewas, dan karena satu dan lain hal, baru sekitar seminggu kemudian gw bisa ngurus. Awalnya sempet mempertimbangkan untuk ngurus ke mobil SIM keliling itu, tapi karena ada Kantor Pelayanan SIM yang deket dari rumah – di Jalan Daan Mogot – akhirnya gw pilih ke situ aja. Sebuah keputusan yang nantinya gw sedikit sesali.

Anyway, berikut adalah langkah-langkah yang perlu diambil kalo mau memperpanjang SIM – specifically, SIM A – di sana:

  1. Beli formulir kesehatan di loket di dekat kantin. Kantin ini lokasinya deket di pintu masuk, di sebelah kiri sekitar 20m sesudah loket parkir masuk. Harga formulirnya IDR 15.000 untuk SIM A & C, dan IDR 20.000 untuk SIM B. Strange pricing policy. Emangnya beda kesehatannya antara kedua jenis itu?
  2. Periksa kesehatan (baca: mata) di ruangan periksa di sebelah loket formulir kesehatan. Periksanya pun basa-basi khas pegawai negeri. Gw cuma disuruh baca 6 huruf doang – you know, à la optik itu lho – lalu dipersilahkan melanjutkan ke langkah berikutnya.
  3. Masuk ke gedung utama dan jalan ke arah kiri. Gedung utama itu ada di seberang kantin tadi. Pintu depannya dijaga sama beberapa orang polisi yang setiap kali ada orang masuk tanpa bawa formulir merah hasil pemeriksaan kesehatan selalu ngingetin, “Periksa kesehatan dulu di kantin” – termasuk gw. Hehe. Anyway, sesudah masuk gedung, akan kelihatan kalo gedungnya dibagi dua. Jalan ke sebelah kiri untuk yang perpanjangan, dan jalan seebelah kanan untuk yang mau buat SIM baru.
  4. Beli formulir perpanjangan SIM di loket yang tengah. Loketnya yang deket meja tulis yang tinggi. Harga formulirnya sekarang IDR 60.000. Sesudah itu, isi sekalian formulirnya. Kayanya yang diliat sih cuma nama sama alamat doang deh, jadi yang lain nggak perlu detil banget ngisinya.
  5. Bayar asuransi di loket sebelah kanan loket formulir perpanjangan SIM. Gw curiga sebenernya langkah yang ini opsional aja – liat tips gw di bawah. IDR 15,000 dan jangan lupa minta lembar yang nantinya dipake buat ngambil kartu asuransinya sesudah SIM jadi.
  6. Masuk ke bagian belakang gedung. Lewat pintu tengah yang dijaga polisi lagi. Ambil tanda pengenal pengurus SIM.
  7. Serahkan formulir yang sudah diisi dan fotokopi KTP di loket nomor 21. Di sini nih gw dimintain duit IDR 50.000. I tried to haggle, bluff, and negotiate my way out of it but ultimately failed, surrendering with a lowly, “Sesudah ini nggak dimintain duit lagi kan, Pak? Ini uang terakhir saya soalnya.” Damned corrupt government officials. Sesudah itu, nanti dikasih lembar yang harus kita bawa ke loket berikutnya.
  8. Berfoto, bercap jempol, dan bertanda tangan di loket nomor 24 s/d 26. Yang mana aja boleh sih. Kalo inget coba cari yang nomornya lebih gede, biasanya lebih sepi karena orang cenderung pilih yang nomor 24. Nanti Pak Polisinya akan minta kita cek data alamat, golongan darah, dan semacamnya.
  9. Ambil SIM yang udah jadi di loket 30. Bener sih udah nggak dimintain duit lagi. Pas gw perpanjang SIM sebelumnya, disini dimintain duit, “Sukarelanya saja, Pak.” Periksa lagi datanya, jangan-jangan ada yang salah.
  10. Ambil kartu asuransi di loket asuransi yang tadi. Serahkan lembar untuk ambil kartu dan tunggu petugasnya nyariin dulu. Alhamdulillah kalo udah jadi, kalo belum ya nunggu lagi.

Seluruh proses di atas cuma kurang dari 1 jam lho. Bayar parkir gw aja nggak nambah kok, cuma IDR 2.000 di awal. Cepatnya pantas diacungi jempol. Tapi korupnya perlu dijejali jempol. Hehe.

Tips lainnya:

  • Bawa bolpen sendiri. Di meja-meja yang ada di sana cuma ada bangkai bolpen doang. Ada juga beberapa bolpen yang berkabel itu, tapi ya tinggal kabelnya doang. Gw curiga emang sengaja atmosfirnya dibuat seperti itu. Semua orang kayanya jualan bolpen di sana soalnya.
  • Jangan lupa bawa fotokopi KTP. FYI, fotokopi di sana selembar IDR 500. Fotokopian ada di beberapa bagian gedung. Di sebelah kanan loket asuransi ada, di bagian dalam deket pintu penghubung gedung depan dan belakang juga ada.
  • Mulai dari loket parkir udah bakal ditanya tuh mau ngapain. Biasa, nawarin jasa. Kalo udah yakin mau ngurus sendiri, tolak aja dengan halus. Sesudah ditolak, berikutnya tukang parkirnya malah nawarin bolpen sama pensil 2B. Hehe. Tenang aja, kalo perpanjang nggak perlu beli pensil kok.
  • I think you can skimp on the insurance. Itu menurut gw, karena setau gw emang sifatnya nggak wajib. Gw males aja kalo misalnya petugas di dalam tau gw nggak ikut asuransinya, gw bakal dipersulit – afterall, perusahaan asuransinya kalo nggak salah koperasi Polri or something gitu. BTW, if you did skimp on the insurance, you’ll shave a good 15 minutes on the whole process. Soalnya pas SIM gw udah jadi, gw mau ambil kartu asuransi ternyata belum jadi dan harus tunggu selama itu.
  • Mungkin lebih baik kalo ngurus perpanjangan SIM via mobil STNK & SIM keliling deh. Soalnya menurut temen gw yang terakhir ngurus di sana, dia nggak dimintain secara fixed-price itu sih. It was something along the lines of, “Sukarelanya saja, Pak.” Swell.

5 Responses to “Langkah-langkah Memperpanjang SIM A di Kantor Pelayanan SIM Daan Mogot Jakarta Barat”

  1. Tul tul, enyak gue juga ngurusnya di mobil SIM, katanya jauh lebih gampang dibanding daan mogot, money talks!

  2. Mas, Rusdy mo tanya tempat mobil SIM di Jakarta Selatan dimana ya?

  3. @ chris:
    Coba lihat di sini aja. Atau SMS pertanyaan ke 1717 dengan sopan juga bisa.

  4. Uji teOri,.. Di kantor pelayanan SIM,… Jarang ada yg lulus,…
    Tapi,..? lembar jawaban yang salah ga di kasih tau,….
    wa,… Jadi kite ga tau, mana soal yg salah ,..
    Andaipun kta lulus, kita juga ga tau soal mana yg benar,…
    sebab Uji teori itu mnyngkut aturan di jln raya loh,…..
    …Jd kalo harus ngulang,…bingung hrus jwb apa ,… (a),(b)or(c)
    Pa Pulisi,…… Gimana Dounk,…
    Jgn-2, Opsi yg salah kite angap bener,….


Leave a Reply

