RandomScrawls
Decidedly mundane…

Langkah-langkah Membayar Pajak Tahunan Mobil Pribadi di Samsat Keliling Jakarta Barat

Tanggal 4 April lalu, gw akhirnya nyobain memperpanjang STNK mobil gw di SAMSAT keliling setelah tahun sebelumnya memperpanjang di SAMSAT Jakarta Barat. So, here’s the rundown. Perlu dicatat, lagi-lagi, ini bukan untuk memperpanjang STNK yang lima tahunan – untuk itu perlu dateng ke SAMSAT beneran – tapi lebih tepatnya untuk membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) tahunan.

  1. Temukan  lokasi mangkal SAMSAT Keliling terdekat. Informasi lokasi bisa diperoleh via SMS ke 1717 atau lihat di website-nya.
  2. Datang ke lokasi dengan membawa semua dokumen yang diperlukan. Gw waktu itu cuma bawa KTP asli pemilik kendaraan (plus satu fotokopinya), STNK asli (dan satu fotokopinya), bukti asli pembayaran PKB terakhir (dan satu fotokopinya), BPKB asli (dan satu fotokopi lembar utamanya yang menjelaskan informasi pemilik dan kendaraan). Kalau nggak bawa fotokopinya, bisa fotokopi di mobil SAMSAT
  3. Ambil dan isi formulir. Waktu gw ngurus sih formulirnya adanya di luar mobil SAMSAT-nya. Dipegang sama satu Bapak Polisi, ditaro di atas jok motornya. Pas ngisi, nggak perlu lengkap-lengkap.Yang diisi cuma nomor pelat kendaraan, nama pemilik, alamat pemilik, tujuan pengurusan, sama data kendaraan yang ada di bagian bawah halaman pertamanya aja.
  4. Serahkan formulir dan semua dokumen di loket 1 lalu pegang kartu nomor urut yang diberikan. Jadi di mobil SAMSAT-nya ada empat loket yang disebar di dua kaca jendela bisnya. Nah, loket 1 itu adanya di sisi paling kiri.
  5. Tunggu panggilan nomor urut untuk menerima lembar konfirmasi. Kayanya sih tunggu dientri dulu di komputer mereka. Sesudah dipanggil, serahkan kartu nomor urutnya. Sebagai gantinya dikasih lembar konfirmasi yang bentuknya mirip sama lembar bukti pembayaran PKB yang ada di STNK.
  6. Perhatikan kebenaran semua data plus jumlah PKB, lalu bayar di loket 3 (kasir). Bayar aja sejumlah yang muncul di lembar konfirmasi, nggak usah dilebihin. Semuanya sesuai kuitansi kok.
  7. Tunggu panggilan nama pemilik kendaraan. Sesudah selesai, baru kita dipanggil untuk dikembalikan bukti pembayaran PKB-nya yang baru.

Udah. Itu doang. Simpel kan? Nggak ada yang aneh-aneh, semua petugas juga sangat membantu dan nggak segan menjelaskan kalau ada yang nanya. Semua proses kalau lancar – gw waktu itu ada gangguan jaringan offline – seharusnya nggak lebih dari 30 menit. Walaupun itu tergantung panjang antriannya juga sih.

No Responses to “Langkah-langkah Membayar Pajak Tahunan Mobil Pribadi di Samsat Keliling Jakarta Barat”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: