RandomScrawls
Decidedly mundane…

Tipikalitas Foto Social Networking Profile

Mudah-mudahan udah nggak ada yang masih stuck di Friendster ya. Walaupun post gw ini gw yakin pasti applicable juga untuk semua situs social networking yang manapun. Anyway, berdasarkan observasi gw atas profile pictures temen-temen dan temen-temen mereka juga, gw bisa simpulkan beberapa tipe foto-foto yang dipake orang.

  1. The Globetrotter. Tipe ini sering berkeliling dunia, atau paling tidak seorang wisdom – wisatawan domestik – yang sering bepergian, entah itu karena tugas kantor ataupun memang hobi. Dapat dipastikan di kumpulan fotonya akan ada banyak album yang menjelaskan tempat-tempat yang pernah dikunjunginya. Foto andalan? Pasti foto yang di bagian belakang muncul landmark terkenal. Semakin terkenal landmark-nya semakin hebat.
  2. The Mystery Guest. Tipe yang ini nggak banyak jumlahnya. Biasanya mereka pake foto yang sendirian dan di-shot agak jauh, sedikit gelap nggak jelas, extreme-zoom mirip kuis potongan gambar jaman Berpacu Dalam Melodi, atau kalau di-shot dari depanpun agak tengok kiri-kanan mirip bungkus Procold. Kalau ada yang siluet, lebih baik lagi. Mereka nggak seneng diperhatikan dan besar kemungkinan nggak suka difoto.
  3. The Insecure. Kadang susah dibedakan dari tipe sebelumnya. Tipe ini juga cukup attention-averse, sehingga tidak merasa percaya diri untuk memajang foto yang up close and personal. Ada yang pakai foto orang lain – umumnya selebritis – ada juga foto benda yang nggak ada hubungannya sama sekali sama dia, atau blank aja. Beberapa varian anggota tipe ini juga memanfaatkan foto asli default avatar yang diubah sedikit untuk personalisasi, misalnya dengan menambahkan halo di atas kepalanya or something like that.
  4. The NOOb. Sering dipanggil mesra dengan panggilan “newbie“. Fotonya adalah foto default untuk avatar dalam social network tersebut. Dalam banyak kasus, orang tipe ini cuma login ke situs itu untuk tau aja kaya apa sih yang diomongin orang. Ciri lain adalah punya banyak sekali friend request yang nggak dijawab. Kadang gw curiga, jangan-jangan mereka juga gaptek soal ganti profile pictures.
  5. The Look Up and Smile. I’m sure you’ve seen this type. Foto sendiri, sering kali dengan HP, dari sudut sedikit di atas kepala atau di-shot dari eye level tapi kepala ditundukin dikit. Sahhh. Dijamin, idung pesek kaya apapun pasti keliatan mancung dengan pose seperti ini. Umumnya digunakan oleh remaja wanita atau wanita yang masih merasa remaja.
  6. The Lovebirds. Tipe yang ini antara baru jadian, akan nikah atau baru nikah. Yakin, fotonya pasti berdua dengan yang terkasih dalam pose yang menunjukkan bahwa mereka sedang tertusuk panah Si Cupid. Sedikit info tambahan, untuk yang akan nikah biasanya yang dipajang adalah foto pre-wedding mereka, sedangkan untuk yang baru nikah, tentu saja foto resepsi with all its costumary glory.
  7. The Familyperson. Ah, that warm and fuzzy feeling you got when you see this type of fellow. Foto keluarga yang bahagia, mesra bersama. Mudah-mudahan bahagia selamanya.
  8. The New Parents. Tipe ini belum lama punya anak sehingga sangat bangga akan status barunya. Ada yang berfoto dengan si anak, atau tipe ekstrim seringkali hanya foto anaknya saja, tentu saja dalam pose yang mengundang reaksi “awww” menggemaskan atau paling tidak mengundang senyum.
  9. The Materialist. Not that it’s bad, tapi orang ini punya suatu benda yang sangat-sangat ia banggakan sehingga menurutnya cukup berarti untuk dipampangkan menjadi profile picture. Biasanya yang muncul di profile-nya adalah kendaraan pribadi atau barang koleksinya. Hey, you, open-source guys with Tux pictures or Mac-addicts with apple logo emblazoned, you guys fall into this category!
  10. The Artisan. Tipe yang ini umumnya cukup mahir dengan Photoshop atau software untuk image-editing lainnya. Fotonya tetep pakai foto aslinya, tapi kemudian diutak-atik sedemikan rupa sehingga menjadi artistik – paling nggak menurut yang punya foto.
  11. The Script-kiddies. Thanks to sites like photofunia, this type is quite proliferating. Foto mereka di-upload ke sana, kemudian menggunakan template yang sudah ada diubah-ubah. Foto tipikal? Cover majalah untuk meningkatkan ego atau papan iklan/poster dinding/t-shirt untuk memuaskan impiannya untuk jadi selebritis.
  12. The Regular Joe. Tipikal orang kebanyakan. Shot dari depan, umumnya senyum dengan kostum sehari-hari. Biasanya orang-orang inilah yang bersifat friendly, apa adanya dan tidak punya banyak hal untuk ditutup-tutupi.

Jadi? Anda masuk tipe yang mana?

9 Responses to “Tipikalitas Foto Social Networking Profile”

  1. Pengamatan yg detail… aku termasuk yg regular joe…. orang kebanyakan… TQ :-)

  2. kok foto foto gw nggak masuk kategori apapun diatas itu sih ya ? dianak tirikan gw hiks

  3. @ yunie jusri djalaluddin:
    Thanks yak. Kalo saya cukup yang the mystery guest saja. :)

    @ unwinged.anang:
    Hmm. Dari pengamatan sekilas tampaknya lo masuk yang regular joe deh. Friendly and got nothing to hide.

  4. kalo saya mah yang regular joe pastinya mas, walau banyak yang ngira kalo itu foto artis…

  5. Ceritanya, tinggal ngumpulin poto ‘New Parents’, immediately afterwards ‘THe family’, koleksi lengkap dong ‘ga?

  6. @ Rusdy:
    Kurang satu lagi, Rus. Yang The Artisan. Hehe. Iya nih, yang dua itu insyaallah sebentar lagi kesampaian. Doain yak.

  7. ini blog pribadinya pak arga??

    woow,, baru tau ni,,

    *misiii..minta ijin ‘jalan-jalan’ … :D

    obviously i’m a “regular” cici weqeqeqeqe


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: