RandomScrawls
Decidedly mundane…

Ojeg Van Bandara

Beberapa hari yang lalu gw sempet dua kali bolak-balik Jakarta-Pontianak. Ada kegiatan super-mendadak implementasi produk baru The Company. Anyway, bukan itu yang gw mau ceritain, tapi fakta bahwa gw sekarang lebih seneng naik ojeg kalo pulang ke rumah dari bandara.

Yup. Ojeg. Udah sering liat dan ngalamin sendiri kan ditawari jasa ojeg di bandara? Ternyata enak juga loh pulang ke rumah naik ojeg. Inilah beberapa alasan kenapa gw ngomong begitu.

  • Cepet. Bayangin kemarin gw pulang dapet flight yang sore dan pas sampe di CGK udah jelas jam pulang kantor. Kalau naik Bis Damri, jalur gw cuma paling pas yang ke Blok M. Turun di Slipi, harus naik taksi lagi ke arah sebaliknya. Kena macet dua kali kan? Di Tol Sedyatmo pasti padat, tol dalam kota juga mungkin demikian. Lalu dari Slipi, S. Parman ke arah balik pasti juga macet. Bweh. Kalo naik ojeg, udah jelas mereka lebih lincah. Lalu dengan local wisdom-nya mengenai jalur-jalur alternatif, bisa mempercepat lagi. Topp! Bandara SH – Grogol cukup 45 menit saja!
  • Murah. Terakhir, gw naik taksi Burung Biru dari Grogol ke Bandara, gw abis sekitar IDR 70.000, di luar biaya tol. Kalo pulang naik taksi, gw rasa kena segitu juga. Bandingin sama ojeg: IDR 40.000, walaupun setelah ketat juga nego harga sih. Tapi cari aja deh, pasti ada yang mau dengan harga segitu.
  • Banyak pilihan. Tukang ojegnya banyak banget, baik di terminal 1, 2, dan – kabarnya – 3. Jadi nggak usah kuatir. Cari yang tampangnya nggak sangar, dan potongannya nggak bakal ugal-ugalan.

Tapi tetep ada sisi jeleknya sih.

  • Relatif kurang aman. Jelaslah, wong namanya juga naik motor. Masih untung kok semua tukang ojegnya pasti punya helm untuk penumpang. Faktor lain juga perlu dipertimbangkan: masuk angin. Hati-hati untuk yang nggak tahan sama angin kalo naik motor.
  • Gak bisa bawa banyak barang. Untuk yang seneng beli macem-macem kalo ke luar kota, jelas ini bukan pilihan. Gw biasanya bawa satu koper/travel bag untuk pakaian plus satu ransel untuk laptop. Ini udah paling sip. Koper ditaruh di antara kaki tukang ojegnya dan ranselnya gw bawa sendiri.
  • Kurang higienis. Helmnya kan dipake rame-rame. Hehe. Alternatif lain sih bawa helm sendiri. Tapi, niat benerr? Huehehehe.
  • Pegel. Duduk lama-lama diboncengan motor itu pegel loh. Apalagi kalau masih bawa barang di punggung. Kalo tujuannya jauh, mendingan jangan naik ojeg deh.

2 Responses to “Ojeg Van Bandara”

  1. Hahaha… seru mas. Katanya tahun ini akan mulai dibangun jalur kereta api bandara yah?


Leave a Reply

