RandomScrawls
Decidedly mundane…

Beberapa Catatan untuk Menjawab Pertanyaan Wawancara

Selasa kemarin (22/07) gw wawancara untuk dapetin beasiswa S2 luar negeri lagi dari The Office. I don’t think it went particulary well. Ada beberapa pertanyaan yang rasanya akan lebih berguna buat gw kalo gw jawab begini.

  • Apa olahraga Anda? Gw gagal melihat arah pertanyaan ini yang sebenarnya menilai apakah gw sociable, team player bukan dan apakah gw melakukan sesuatu untuk mengasah otak kanan gw. Harusnya ini gw  tetep jawab dengan jawaban jujur soal hubungan gw yang tidak harmonis dengan olahraga, tapi gw perlu perjelas bahwa gw bukan antisosial atau geek/nerd/sebangsanya. Sampai sebelum nikah, gw rajin tiap Sabtu ikut CCF – yang berarti bergaul dengan orang segala usia, dari Ibu-ibu sampai anak SMP – dan gw masih lumayan networked sama temen-temen Bemonet – komunitas Bulletin Board System – gw dulu dari jaman SMP. Dang.
  • Apa yang telah Anda persiapkan untuk ikut wawancara ini? Lagi, ternyata yang ini mengorek soal kemampuan gw untuk menggali informasi. Seharusnya ini gw jawab detil sedetil-detilnya. Beberapa temen bilang kartu mati gw keluar pas gw menjawab tidak untuk pertanyaan, “Apakah sudah browsing untuk pilih kuliah?” Gw terlalu jujur dan lupa bilang alasan kenapa gw gak melakukan itu: uncertaincy in regard to this whole selection process – sucks.

Mudah-mudahan daftar ini nggak makin panjang. Hiks. Doain gw yah, guys.

6 Responses to “Beberapa Catatan untuk Menjawab Pertanyaan Wawancara”

  1. Alamak, itu poto SMP jadulz bangetz yah?

  2. once our deputy GM asked me, “this work you’ve done, can it be worked by someone else?”.intriguing and annoying kind of question.if my reply is “yes.”, then there’s no credit for me,rite? if my answer is the opposite,then he can consider myself as a very cocky and, i quote, “anti-social” person.

  3. @ Rusdy:
    Huehehehe. Kalo dipikir, kita dulu ada miripnya yah, Rus? Kurus, kacamata, geeky, gak bisa diem? :P

    @ jinbaghdad:
    I see. I think the point is you’ve got know what’s the agenda behind the person firing the question. Once you know what the other person is aiming for, only then we can answer back with higher accuracy.

  4. tenang aja..berangkat koq. ya kalo ga S2, ya berangkat kerja lagi tiap hari :D

  5. @ primadoni:
    Uh huh.

  6. untuk apa Toefl dan TPA …kenapa setelah ujian proposal disertasi baru diminta syarat ini kenapa tidak saat penyaringan mahasisw s3 tolong cek di Unibraw Ilmu Hukum


Leave a Reply

