RandomScrawls
Decidedly mundane…

Review Singkat Beberapa Buku Tes Potensi Akademik

Dua tahun ikut Tes Potensi Akademik (TPA), membuat gw punya beberapa buku soal tes itu. Dari beberapa yang gw punya itu, berikut adalah komentar dan pendapat gw soal masing-masingnya.

Buku ini beberapa model soalnya nggak ada mirip-miripnya sama TPA. Lalu jawabannya pun cuma dikasih A, B, C-nya aja, nggak ada penjelasan. Not recommended!

Gunarso, Arif dan Ropiudin (Editor), 2007, Sukses Tembus Ujian TPA, Jakarta: TandaBaca. ISBN: 979-1182-03-5.

Ada pembahasannya. Beberapa soal matematika ada yang cukup menantang buat gw. Beberapa jenis soal juga nggak nyambung sama TPA. Not too bad.

Zaman, Saeful dan Dyan Raditya Helmi, 2006, Soal-soal Tes Potensi Akademik (TPA), Jakarta: PT Kawan Pustaka. ISBN: 979-757-164-5.

Buku ini gw beli pas kali pertama gw mau ikut TPA. Lumayan juga. Pembahasan disediakan, lalu ada soal-soal gambar kubus yang diputar-putar itu. Nggak terlalu jelek lah.

Iskandar, H. Yul,  2006, Test Potensi Akademik [TPA], Jakarta: Dharma Graha Group. ISBN: 979-98259-2-X.

Soal gambarnya bodoh, nggak jelas. Anehnya, ada tes bahasa inggrisnya, dan beberapa jenis soal nggak nongol di TPA. Soal matematikanya nggak susah.

Group, M. Hariwijaya, 2008, Tes Potensi Akademik (TPA): Mengukur Kemampuan  Akademis untuk Calon Mahasiswa, Pegawai Negeri dan Karyawan Swasta, Yogyakarta: elMATERA Publishing. ISBN: 979-161-602-7.

Soal gambarnya bergambar jelas, cukup representatif terhadap soal TPA. Tapi ada bahasa inggrisnya, plus beberapa soal yang jawabannya nggak beres. Bikin rambut gw rontok aja.

T., Sugeng D. et al, 2007, TPA (Tes Potensi Akademik), Yogyakarta: Progresif Books. ISBN: 979-98645-0-X.

Tes matematikanya ngirit banget. Gampang pula, plus nggak ada jawabannya. Gembel. Malah banyakan ngomongin bahasa dan bahasa inggris plus psikotes.

Psikologi, Tim, 2007, Rahasia Lolos Ujian Psikotes & TPA, Yogyakarta: Tunas Publishing. ISBN: 979-963-275-9.

Moral cerita? Buku-buku ini hanya sedikit sekali membantu. Soalnya jauh terlalu mudah, kadang nggak nyambung sama TPA, plus pembahasan yang seringkali tidak memadai (misalnya untuk soal-soal logika), dan jawaban yang kadang ngawur bikin stres. Lebih baik ikutan tes beneran di OTO BAPPENAS sebelum elo tes beneran supaya bisa tau kaya apa soalnya.

51 Responses to “Review Singkat Beberapa Buku Tes Potensi Akademik”

  1. [...] Beli buku-buku TPA ,tapi untuk bisa membayangkan soal TPA yang sesungguhnya, kalikan kesulitannya tiga kali. OTO Bappenas memang nggak kira-kira bikin soalnya. Gw udah review beberapa buku yang gw beli untuk siap-siap kemarin. [...]

  2. saya baru beli buku TPA Memahami TPA karangan Nano sunartyo terbitan Garailmu (ISBN: 979-963-598-5)
    soal-soalnya banyak yang salah ketik, penjelasan dari jawaban kadang ada kadang ngga, Jawabannya banyak yg salah. very very not recommended.

  3. @poyay:
    Duly noted. Thanks yak!

  4. saya tertarik dengan reviewnya. sekarang saya sedang cari2 referensi yg ada gambar dadu/kubus yg di putar2. sepertinya buku no 3 dr atas. Tp kelihatannya stok sedang habis. mohon kiranya saya di beri copy-an materi kubusnya. atau bukunya boleh saya beli????? Urgent trim (masmir2@yahoo.com)

  5. Mas,…ada gak software soal-soal TPA,..yang mirip software toefl gitu?..kalo toefl kan ada yang terbitan IBT,…saya butuh banget nih,..makasih,…

  6. @ Wilda:
    Nggak punya je, Mbak. Maaf ya.

  7. Saya dulu beli yang Iskandar, H. Yul, 2006 (yang paling murah dulu :D :D)

    trus karena yang jeblok bagian verbal, akhirnya baca2 buku di Gramed bagian verbalnya aja :D :D. Lumayan ngaruh ternyata… skor verbal dapet 75.59

    @wilda
    coba ke http://www.tespotensiakademik.co.cc, online tapi… gak bisa didownload.

  8. @dewisa:
    Efisien dan efektif ya. Eh, mangkus dan sangkil ding ya? ;)

  9. saya baru pertama kali ikut tes TPA nanti 10 januari duh deg-degan kita bisa mencapai 450 ya,,soalnya aq mau S2 syratnya TPA nya 450

  10. @ veza:
    Coba latihan soal yang banyak sama ikutin beberapa tips di sini. Mudah-mudahan berhasil ya!

  11. wahh,, buku TPA yang recomended mana bozz ?

  12. aada buku online gag sih TPA? bagi link Dong folks…

  13. Perhitungan TPA yang benar adalah ===== C x R : KP < KB = L Yang kalalau diuraikan adalah

    C = Koneksi (ayah,mami,kakek atau siapa aja yang ada didalam)
    R = Rupiah yang cukup
    KP = Kepintaran bernegosiasi
    KB = Sedikit keberuntungan
    L = Lulus_____ kalo dak gini siap siap jadi Koruptor baru.

    Selamat berjuang kawan2

    • @ Isran Pratasik:
      Nggak ah. Gw ikut TPA dengan nilai-nilai C = 0, R = 0, KP = 0 tapi bisa juga lulus kok. Mungkin ada KB-nya juga sih. Hahaha. Nilai gw sekitar 638-an kalo gak salah. Rumus lo nggak berlaku absolut rupanya. :)

  14. gimana dong caranya ikut tes tpa online,thaks atas infonya

  15. mau nanya donk kak emg ada ya pelatihan singkat di OTO BAPENAS?
    kira2 bagusan OTO BAPENAS atau GPS(gerbang psikokologi dan Studi)?
    kalo blh minta CP nya OTO donk kak.
    thx

  16. gima cara dapatkan buku TPA karya Yul Iskandar…
    Sudah cari2 ke gramedia ngk dapat jg,,,,
    Tolong di bantu caranya ya KAWAN………
    Thnk”s

  17. yang udah pernah ikutan tes TPA OTO, tuh soal boleh dibawa balik ga ya?

  18. OTO apaan ya?
    bisa gak tes jarak jauh? soalnya aku di daerah.
    thx

  19. tanya gan, kalo tempat balajarnya dimana ya selain di jakarta. thx

  20. kalo mau cari kata kata / istilah istilah yang sulit untuk latian verbal enaknya k mana ya? emang di gramed ada bukunya?

    • @ arso:
      Kalo yang khusus verbalnya aja sih nggak ada deh rasanya. Beli aja buku TPA yang banyak, kan banyak juga berarti soal verbalnya. Jangan lupa beli juga kamus Bahasa Indonesianya biar makin yakin.

  21. aku dong ikut tes tpa……. lancar mas……. lancar ngitemin lembar jawabannya…….. mpe gak smpet baca soalnya lho wkwkwkkkkk………..
    makanya ga bgitu exited nunggu hasilnya, ikut tes tpa yg lain lagi deh……………

  22. saya akan mengikuti TPA untuk melanjutkan s2 di ITB niy..mhn bantuannya ya untuk dikirim ke email saya..makasihh

  23. [...] Beli buku-buku TPA ,tapi untuk bisa membayangkan soal TPA yang sesungguhnya, kalikan kesulitannya tiga kali. OTO BAPPENAS memang nggak kira-kira bikin soalnya. Gw udah reviewbeberapa buku yang gw beli untuk siap-siap kemarin. [...]

  24. aq ud bl buku tpa macam2 deh…trmasuk yg yul iskandar…mnrtku dia lumayan bagus di banding yg lain..bener bgt buku lain byk yg ngaco..bikin stres hehe
    sayangnya gw blm nembus jg..skor gw cm 556 padahal gw butuh minimal 565..hebat euy kamu bs dapat skor di atas 600..pengen bgt….tp aq tetep semangat smpe lolos tes beasiswa ini..sekedar info kl yg diluar jakarta bisa tuh kursus jarak jauh di GPS jakarta..browsing aj alamat n caranya..moga membantu :D

  25. Terimakasih, Untuk UI minimal TPA berapa?

  26. bisa dikasih tau buku TPA Yul Iskandar covernya warna apa? tahun brapa terbitnya? dan judul besarnya apa? (minta gambaran rincinya ya) makasiih banyaak :)

    • @ chika:
      Kalo misalnya ini adalah TPA bagian pengamatan, Anda sudah kalah telak lho. Lha wong itu di atas sudah jelas ada gambarnya, plus sama keterangan komplit sampe ke ISBN-nya. Semoga ketemu jawabannya.

  27. masih punya stok buku TPA yul iskandarnya gak? saya sudah cari kemana-mana tapi gak dapet.. bisa saya pinjam atau saya beli? terima kasih sebelumnya..

  28. SAbtu depan insyaAlloh saya mo ikut TPA bapenas di ITB niatnya sih buat persyaratan s2. Saya sudah beli macem2 buku TPA, yg paling menakutkan buat saya bagian verbalnya. EMangnya si verbal ini soalnya ajaib2 ya? [maksudnya kosakatanya yg mungkin jarnag kita dengar, ucapkan, ato kita lihat?] Kamus Besar Bahasa Indonesia sih saya punya, tapi ampe kapan bisa mengingat satu buku tebel gt :((

  29. makasi.. nice infohhh :)
    doain smoga ane lulus tes TPA

  30. untuk mendapatkan buku TPA dimana harus aku mencari

  31. sy sedang mencr buku yul iskandar, TPA, 2006 (sepert di atas). ad yg bs bantu gak???
    rekomendasi dosen sy, buku it lumayan bagus. klw agan2 bs bantu, ntar sy beli dr agan aj, via personal.

  32. wow,,ak baca ini so inspired deh,,makasih yaa guys

  33. apppyuunnnnn kalo membayangkan soalnya,,,,saran ikutin aja les atw pelatihan langsung yg diadain sebulan sekali oleh bapenas…

  34. Mas, buku “Soal-soal Tes Potensi Akademik” karangan Saeful Zaman dan Dyan Raditya Helmi, itu belinya dimana?

    Saya sudah cari2 di toko buku Jogja tapi gak ketemu. Tolong ninggalin pesan di website http://www.acept-ugm.com (tentang tes AcEPT UGM)

    Hohon ijin blog-mu aku back link dari website itu tadi.
    Terimakasih.

  35. [...] dapat dibaca disini. Informasi lain terkait ulasan buku dapat dilihat pada sumber dibawah. Sumber: http://arga.wordpress.com/2009/03/22/review-singkat-beberapa-buku-tes-potensi-akademik/ . . . Foto 4. Siap tempur menghadapi tes AcEPT UGM… Kartu peserta, siap. Pensil 2B, siap. [...]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: